Memiliki kulit yang halus, sehat, dan terawat menjadi dambaan bagi semua perempuan. Penggunaan bahan alami untuk merawat kecantikan kulit menjadi salah satu caranya. Misalnya dengan menggunakan air mawar.

Bunga yang identik dengan lambang cinta ini memiliki banyak manfaat lho, Ma. Selain memiliki aroma yang harum, bunga mawar juga sering dijadikan sebagai campuran dalam produk-produk kecantikan.

Melalui penyulingan pada kelopaknya, air mawar bisa Mama gunakan untuk merawat kulit nih. Berikut 7 manfaat air mawar bagi kulit wajah

1. Toner wajah

​​​​​​Air mawar dapat dijadikan sebagai toner alami untuk kulit wajah. Bahkan dalam dunia produk perawatan wajah saat ini air mawar cukup dikenal sebagai toner wajah yang ampuh untuk menyegarkan kulit.

Tak jarang, bagi sebagian orang air mawar juga menjadi setting spray setelah makeup juga nih, Ma.

2. Meredakan peradangan pada kulit

Kulit wajah menjadi salah satu bagian kulit yang sensitif dan mudah mengalami peradangan. Kulit wajah akan mulai kemerahan ketika kosmetik yang digunakan tidak cocok atau bersentuhan dengan benda asing.

Air mawar yang mengandung antiseptik dan antibakteri ini bersifat anti inflamasi. Kandungan tersebut dapat mengatasi kulit wajah Mama yang mengalami peradangan.

3. Mencegah dan mengobati jerawat

​​​​​​Jerawat menjadi salah satu masalah kulit yang sering muncul. Rasa tidak nyaman memiliki jerawat terkadang membuat sebagian orang memiliki kepercayaan diri yang menurun.

Nah, air mawar bisa dimanfaatkan nih Ma. Kandungan antiseptik pada air mawar dapat membantu untuk menangani bakteri penyebab jerawat pada wajah.

Kadar pH yang terkandung dalam air mawar juga sedikit asam, sehingga dapat mengembalikan keseimbangan kadar pH kulit yang memiliki kadar pH yang tinggi.

4. Mengatasi lelah pada mata

Kesibukan dalam beraktivitas dapat menyebabkan munculnya lingkaran hitam pada mata. Itu menunjukkan kurangnya istirahat yang didapatkan dan membuat wajah menjadi terlihat tidak segar.

Air mawar dapat membantu untuk mengatasi lingkar hitam pada mata Mama yang kelelahan nih. Kulit pada bagian bawah mata yang kering juga sekaligus dilembabkan dengan nutrisi yang terkandung di air mawar.

5. Mencegah penuaan kulit

Air mawar memiliki kandungan vitamin A, C, dan E yang baik untuk menutrisi kebutuhan vitamin pada kulit wajah. Kadar antioksidan yang tinggi dalam air mawar juga menjadi penangkal radikal bebas penyebab penuaan dini.

Nah, dengan penggunaan secara teratur akan membuat kulit Mama terjaga elastisitasnya.

6. Mencerahkan kulit wajah

Kulit wajah yang cerah akan membuat Mama terlihat lebih segar nih. Air mawar dapat digunakan sebagai jalan keluar untuk menyingkirkan kusam pada wajah.

Kandungan vitamin dalam air mawar dapat membantu proses eksfoliasi kulit. Regenerasi jaringan kulit akan terbantu dan membuat sel-sel kulit menjadi lebih kuat.

7. Menjadi makeup removal

​​​​​​Make up removal menjadi benda wajib bagi para perempuan setelah menggunakan make up. Setelah lelah beraktivitas seharian, wajah perlu dibersihkan dengan make up removal.

Sebelum mencuci muka, akan lebih baik untuk mengangkat kotoran pada wajah secara maksimal. Sayangnya, tidak semua orang cocok dengan kandungan makeup removal yang beredar di pasaran.

Nah, bagi para pemilik kulit sensitif, air mawar dapat dijadikan make up removal alami. Kandungan vitamin dan anti bakteri di dalamnya tidak akan menyebabkan iritasi pada kulit. Justru akan membuat kulit lebih rileks.

Tidak sedikit yang menjadikan air mawar sebagai pemecah masalah yang muncul pada kulit wajah. Sangat banyak manfaat air mawar bagi kulit wajah ya, Ma. Bagaimana? Apakah Mama sudah coba untuk menggunakannya?