Minyak zaitun bisa dijadikan bahan alami bikin kulit tangan mulus.

Belakangan ini, banyak orang mulai mendalami gaya hidup sehat. Semua bahan makann diganti jadi organik, sampai minyak pun tak boleh pakai minyak goreng biasa. Makanya, olive oil atau minyak zaitun kini jadi pilihan. Olive oil sering digunakan pada hidangan salad dan pasta. Sering pula dipakai sebagai alternatif minyak yang lebih sehat untuk menumis.

Melansir The Spruce Eats, minyak zaitun diperoleh dari buah zaitun yang diekstraksi. Rasa minyak zaitun dapat bervariasi berdasarkan ketinggian pohon zaitun, daerah penanaman, waktu panen, dan proses ekstraksi. Pada masakan, minyak zaitun digunakan untuk menambah rasa, aroma, dan penghantar panas untuk mematangkan makanan. Namun sayang, harga minyak zaitun tergolong mahal. Karena itu, kita pun bisa menggantinya dengan bahan lain.

Berikut ini beberapa bahan pengganti minyak zaitun dilansir dari Spoon University.

Minyak kanola

Minyak kanola memiliki kadar asam lemak tak jenuh tunggal tertinggi. Kandungan tersebut dapat menurunkan kolesterol jahat dan mengontrol kadar glukosa darah. Dibandingkan dengan banyak minyak goreng lainnya, kanola juga mengandung jumlah lemak jenuh dan trans paling sedikit. Terdapat klaim bahwa minyak kanola termasuk lebih sehat daripada minyak goreng biasa.

Sebagai pengganti minyak zaitun pada masakan, minyak kanola dapat dipakai untuk aneka hidangan dari tumis hingga saus salad. Perbandingan untuk pengganti minyak zaitun adalah 1 takaran minyak kanola untuk 1 takaran minyak zaitun.

Minyak kacang tanah

Minyak kacang tanah mirip dengan minyak sayur, yaitu tinggi lemak tak jenuh tunggal. Selain itu, rendah lemakjenuh dan trans. Meski demikian, minyak kacangtetap dapat menggantikan minyak zaitun dalam masakan. Minyak ini mempunyai titik didih yang tinggi.

Berkat hal itu, minyak ini bisa dipakai memasak dengan panas tinggi. Contohnya untuk menggoreng dengan minyak yang banyak (deep frying). Perbandingan sebagai subsitunya yaitu 1 takaran minyak kacang untuk 1 takaran minyak zaitun.

Minyak kelapa

Fungsi minyak zaitun dapat digantikan minyak kelapa, khususnya untuk masakan tumis. Perbandingannya, untuk 1 takaran minyak zaitun gunakan 1 takaran minyak kelapa. Keunggulan minyak kelapa sebagai pengganti minyak zaitun adalah ia dapat menggantikan fungsi minyak zaitun untuk perawatan kecantikan. Perawatan kecantikan yang dapat digantikan oleh minyak kelapa antara lain untuk perawatan rambut, perawatan kulit hingga penurunan berat badan.

Pisang tumbuk

Tekstur pisang yang halus berfungsi sebagai pengganti untuk semua jenis minyak goreng, terutama untuk memanggang pastry. Pisang tumbuk sebagai minyak memberikan rasa buah khas pada pastry. Rasio perbandingannya, 1 takaran pisang tumbuk untuk 2 takaran minyak zaitun.

Minyak alpukat

Pada masakan, minyak alpukat cocok sebagai pengganti minyak zaitun dalam memanggang karena titik asapnya tinggi. Perbandingannya, 1 takaran minyak alpukat untuk 1 minyak zaitun. Minyak alpukat memiliki kegunaan di luar bidang memasak. Pengganti minyak zaitun ini juga memberi manfaat bagi kesehatan kulit.

Mentega

Mentega dapat dipakai sebagai pengganti minyak zaitun untuk adonan kue hingga tumisan. Hampir semua masakan dapat memakai mentega sebagai bahannya. Perbandingan mentega sebagai pengganti minyak zaitun adalah 1 takaran mentega leleh untuk 1 minyak zaitun. Sementara untuk baking, 4 takaran mentega untuk 3 takaran minyak zaitun.

Minyak bunga matahari

Minyak bunga matahari rendah asam lemak jenuh dan bebas dari lemak trans. Sehingga bisa menjadi alternatif minyak lebih sehat daripada minyak goreng biasa. Sebagai pengganti dalam masakan, minyak bunga matahari punya sifat yang sama dengan minyak zaitun. Kedua titik didih minyak ini berada dalam kisaran yang sama.

Jika kamu butuh minyak zaitun untuk menumis, gantikan saja dengan minyak bunga matahari. Perbandingannya adalah 1 takaran minyak bunga matahari untuk 1 minyak zaitun.