Rambut berwarna memang bisa membuat penampilan terlihat lebih menarik. Namun dalam prosesnya, kamu pasti akan melalui tahap bleaching yang bertujuan agar warna cat yang diaplikasikan pada rambut terlihat lebih ‘nyata’. Sayangnya, proses ini berisiko merusak rambut dan membuatnya malah terlihat kusam, lho. Lalu, seperti apa sih perawatan yang tepat agar rambut bleaching tetap sehat? Tips berikut ini bisa kamu lakukan di rumah.

Minimalisir Penggunaan Alat Hair Styling

Kebanyakan perempuan mengandalkan alat hair styling tool untuk mewujudkan hair look yang diinginkan, baik itu lurus atau pun wavy. Cara ini memang bisa membuat rambut cantik dalam waktu singkat. Tapi, percaya deh efeknya kurang baik untuk kesehatan rambut, terutama usai mengalami proses bleaching.

Alat hair styling kebanyakan menggunakan suhu tinggi dalam melakukan penataan rambut. Nah, temperatur panas inilah yang bisa membuat kondisi rambut jadi lebih kering, frizzy, dan membuat warna cat rambut jadi gampang pudar serta kusam. Untuk menjaga rambut bleaching tetap terlihat cantik, minimalisir penggunaan hair styling tools dalam suhu panas dan gunakan vitamin atau serum yang dapat melindungi rambut jika memang terpaksa menggunakannya.

Lindungi Rambut dari Klorin Saat Berenang

Klorin adalah zat yang berfungsi untuk membersihkan air dari kotoran dan minyak pada kolam renang. Efek yang sama juga terjadi jika zat yang satu ini terkena rambut dan kulit kepala. Inilah yang membuat rambut jadi lebih kering dan kaku setelah berenang. Nah, kondisi tersebut lebih rentan jika terjadi pada pemilik rambut bleaching.

Paparan klorin nggak hanya bisa membuat rambut kering, tapi juga memberikan efek warna yang cepat pudar sehingga tampak tidak sehat. Jika kamu punya hobi berenang, nggak ada salahnya melindungi rambut bleaching dengan beberapa langkah sederhana. Misalnya dengan membasahi rambut terlebih dulu sebelum masuk ke kolam renang, menggunakan shower cap, dan langsung cuci rambut dengan sampo yang tepat usai berenang.

Rutin Melakukan Hair Mask

Rambut yang sudah pernah mengalami proses bleaching wajib mendapatkan perawatan secara rutin. Tanpa perlu ke salon, kamu bisa mengaplikasikan hair mask di rumah dengan bahan-bahan yang dapat merawat dan menjaga warna rambut agar tetap tahan lama. Beberapa bahan alami yang direkomendasikan untuk merawat bleaching hair antara lain masker olive oil yang memiliki kandungan antioksidan dan vitamin E untuk menjaga kelembapan rambut agar tetap sehat. Selain itu, kombinasi masker labu dan madu juga bisa dicoba untuk memberikan perawatan deep moisturizing pada rambut yang mengalami proses bleaching.

Pilih Produk Sampo yang Tepat

Sampo adalah produk perawatan rambut sehari-hari. Jadi, memilih produk yang tepat sangat penting untuk memberikan perawatan yang dibutuhkan. Pastikan kamu memilih sampo yang memiliki formula untuk menjaga kesehatan rambut bleaching dan mempertahankan warnanya agar tampak sehat dan indah. Temukan formula sampo yang kamu butuhkan dalam Purple Shampoo pertama di Indonesia, TRESemmé Color Radiance & Repair Shampoo for Bleached Hair.

Purple Shampoo ini memiliki formula unik yang dibuat secara khusus dengan Plant Placenta Extract dan Purple Pigment Formula. Bahan ini aktif melindungi warna rambut dari luntur dan memberikan perawatan rambut rusak akibat bleaching sejak pertama kali pemakaian. Hasilnya adalah warna rambut yang lebih indah berkilau dan tahan lama.

Aplikasikan Kondisioner dengan Cara yang Tepat

Bleached hair adalah kondisi spesial yang memerlukan perawatan secara menyeluruh. Jadi, penggunaan kondisioner diperlukan dalam treatment sehari-hari. Pastikan kamu menggunakan TRESemmé Color Radiance & Repair Conditioner for Bleached Hair yang menjadi rangkaian perawatan Purple Shampoo dari TRESemmé untuk melindungi rambut bleaching agar tetap sehat.

Agar hasilnya maksimal, pastikan aplikasikan kondisioner dengan cara yang tepat. Mulailah dari bagian tengah rambut hingga ke ujungnya. Hindari mengaplikasikannya pada kulit kepala karena dapat membuat rambut berminyak dan lepek. Selain itu, bagian ujung jadi yang nggak boleh terlewat, karena kondisi rambut kering dan rusak biasanya akan terlihat lewat area ini.

So, siapa bilang rambut bleaching nggak bisa tampak sehat dan indah? Lewat perawatan yang tepat, kamu bisa mempertahankan warna rambut indah dan tahan lama.