Warna rambut indah dapat membuat penampilan seseorang semakin memesona dan menambah kepercayaan diri. Salah satu tren yang terus meraih popularitas saat ini adalah Balayage yang berarti melukis dalam bahasa Perancis.

Tone warna Ash dan Ash Brown pada rambut pun kian menjadi topik bahasan populer di media sosial. Secara sederhana, Balayage dapat diartikan sebagai sebuah teknik pewarnaan rambut yangmemperhatikan estetika harmonis antara penempatan warna terang dan gelap sehingga menghasilkan tampilan rambut maksimal dengan gradasi cantik dan menawan.

Teknik ini pastinya menuntut keterampilan hairdresser dalam mengkombinasikan gradasi warna sehingga terlihat seimbang, oleh karena itu apabila hasil rambut Balayage telah tercapai dengan sempurna, maka sungguh sayang jika cepat pudar / brassy.

Menurut Indra Tanudarma, Head of Education LOréal Professionnel, pada dasarnya rambut yang diwarnai akan pudar dan menguning perlahan-lahan seiring dengan seringnya frekuensi keramas. Namun ada hal-hal yang patut diperhatikan untuk menghindari hasil warna rambut cepat kembali pudar atau brassy.

Berikut hal yang perlu hindari agar rambut tidak cepat brassy yag dirangkum dari siaran pers LOréal yang diterima Era.id

1. Keramas menggunakan air yang terlalu panas dan terlalu sering

Keramas menggunakan air yang terlalu panas dan sering setelah mewarnai rambut dapat semakin mempercepat hilangnya warna. Keramas dengan frekuensi maksimal 2 hari sekali sudah cukup untuk menjaga rambut dan kulit kepala tetap bersih, dan warna tidak semakin cepat hilang.

2. Menggunakan shampoo yang kurang tepat

Rambut yang diwarnai pastinya butuh perawatan yang tepat. Jika tidak, maka bisa dipastikan warna rambut akan mudah luntur dan memudar. Pemilihan shampoo khusus untuk perawatan rambut Balayage pun harus cermat.

3. Hindari shampoo yang mengandung sulfat

Shampoo yang tepat adalah shampoo yang bebas sulfat (sulfate-free) seperti Vitamino A-OX Soft Cleanser. Cara mudah bagi kamu untuk mencermati shampoo yang mengandung sulfat atau deterjen adalah dengan melihat kadar busa ketika keramas. Semakin banyak busa yang muncul, maka semakin banyak pula kandungan sulfat yang berujung pada semakin cepat menghilangkan warna rambut.