Memiliki badan yang ideal dan sehat pastinya menjadi dambaan semua orang. Namun, karena gaya hidup yang kurang sehat membuat tubuh menjadi gemuk dan tidak terasa tidak sehat. Ya, orang dengan kelebihan berat badan bukannya tidak  cantik atau tampan tetapi menurunkan tingkat kesehatan.

Badan yang gemuk biasanya memiliki kadar lemak yang cukup tinggi, gula darah yang cukup tinggi, serta kolesterol yang tinggi pula. Pada akhirnya banyak timbul gejala penyakit seperti hipertensi, jantung, bahkan stroke.

Untuk menghindari berbagi penyakit seperti itu banyak orang memilih menurunkan berat badan ke berat ideal dengan cara diet atau mengatur pola makan yang tepat. Lalu, bagaimanakah cara diet tang ampuh tetapi tidak menyiksa diri? Simak selengkapnya di bawah ini:

Tetap Makan Tetapi Gunakan Porsi yang Kecil

Banyak orang mengartikan diet dengan tidak makan alhasil bukan berat badan yang turun tetapi  malah asam lambung yang naik dan menyebabkan penyakit gastritis. Manusia tidak pernah terlepas dari makan sehingga jangan pernah lewatkan makan.

Namun, untuk mendapatkan badan yang ideal sebaiknya kurangi porsinya. Anda bisa menggunakan piring yang kecil agar refleks untuk mengambil banyak makanan bisa berkurang. Dengan ini maka Anda bisa mengurangi asupan kalori hingga 22%.

Perbanyak Minum Air Putih

Air putih merupakan minuman yang paling sehat apalagi jika Anda minum air mineral. Air putih merupakan minuman tanpa kalori sehingga tidak akan membuat Anda gemuk atau kelebihan berat badan.

Sebaiknya minum air putih sebelum makan untuk mengecoh tubuh Anda untuk tidak selalu lapar. Dengan minum maka lambung akan terisi dan rasa lapar menjadi berkurang karena terkadang tubuh sering salah arti antara lapar atau haus.

Makan dengan Perlahan

Selanjutnya, makanlah dengan perlahan dan jangan cepat-cepat. Kunyah makanan sampai halus agar lebih memperlama waktu makan Anda. Otak kita ini membutuhkan waktu sekitar 20 menit hanya untuk menyadari bahwa tubuh sedang kenyang.

Hindari Makanan yang Tidak Sehat

Agar berat badan turun sebaiknya kurangi atau bahkan hindari makan makanan yang tidak sehat. Makanan yang tidak sehat adalah makanan yang mengandung kalori terlalu banyak dan tidak mengandung nilai gizi lainnya yang berguna.

Jika Anda sudah bis menjalankan beberapa tips di atas, peluang berat badan turun akan lebih besar sehingga badan yang ideal bisa Anda rasakan dengan cepat dan mudah.