Kamu sering mengalami masalah pada kuku? Rapuh, kusam atau berwarna kuning?

Tidak usah bingung, kamu bisa manfaatkan bahan-bahan alami untuk mengatasinya. Selain alami, bahan-bahan ini juga mudah didapatkan lho.

Dan pastinya bahan-bahan di bawah ini dapat dengan mudah kamu temukan di rumah.  Penasaran bahan-bahan alami apa saja yang dapat kamu gunakan untuk merawat kesehatan kukumu?

Berikut rangkuman beberapa daftarnya!

1. Belimbing wuluh

Belimbing wuluh adalah buah yang biasanya dimanfaatkan untuk memasak makanan seperti sayur asem atau pepesan.

Akan tetapi, cairan yang keluar dari belimbing wuluh ternyata dapat membantu kamu untuk mengkilapkan kuku, lho.

Cukup gunakan 1 buah belimbing wuluh saja untuk mengilapkan 10 kuku jari tanganmu. Belah buah ini menjadi dua bagian, lalu gosokkan bagian daging buah ke kuku-kuku.

Setelah itu, cuci kukumu dengan air bersih. Treatment ini akan mengilapkan kuku sekaligus membersihkan kotoran yang ada di sela-sela kuku.

2. Cuka putih

Selain dapat menghilangkan noda di pakaian dan mengatasi bau tak sedap pada kulkas, cuka putih juga memiliki kemampuan yang lain, yakni untuk membuat tampilan kuku jadi mengkilap secara alami.

Kandungan zat asam yang sangat tinggi di dalam cuka akan membuat kuku menjadi tampak berkilau.

Sediakan wadah berisi air hangat dan tuangkan beberapa tetes cuka putih ke dalamnya. Rendam jari-jarimu di dalam wadah tersebut selama 10 menit.

Sesudah itu, bilas dengan air bersih. Ulangi perawatan ini setiap 2-3 hari sekali untuk memperoleh hasil yang lebih cepat.

3. Lidah buaya

Manfaat lidah buaya untuk mempercantik diri memang sangat luar biasa.

Jika sebelumnya kamu mengetahui bahwa lidah buaya sangat bagus untuk merawat rambut, kini kamu pun harus tahu bahwa lidah buaya juga dapat melengkapi cara mengilapkan kuku secara alami.

Hal yang kamu butuhkan adalah gel lidah buaya yang masih segar. Kemudian, oleskan gel lidah buaya ke kuku jari tangan maupun jari kaki.

Diamkan selama 15-30 menit agar gel tersebut bekerja untuk membuat tampilan kuku terlihat bening dan berkilau. Apabila sudah 15-30 menit, bilas jari-jarimu dengan menggunakan air hangat.

4. Kulit semangka

Jangan buang kulitnya dulu ketika kamu makan semangka!

Yup, buah yang segar dan manis ini juga dapat membantumu untuk memiliki kuku yang cantik dan nampak lebih berkilau.

Akan tetapi, kali ini kamu tidak lagi memanfaatkan daging buahnya, melainkan hanya menggunakan kulitnya saja.

Kulit semangka ini nantinya akan digosokkan ke seluruh bagian kuku. Bila semua kuku sudah digosok, biarkan saja sisa semangka itu mengering dengan sendirinya.

Bersihkan sisa semangka yang mengering dengan tisu yang sudah dibasahi dengan air. Lakukan treatment ini 2 hari sekali agar kukumu lebih cepat terlihat mengkilap.

5. Jeruk nipis

Jika kuku tampak kusam, maka rendamlah kukumu dalam campuran air hangat dan jeruk nipis.

Jeruk nipis sangat bermanfaat untuk membuat kuku menjadi tidak kusam dan sehat.

Caranya juga sangat mudah, hanya dengan merendam kuku dengan air hangat yang telah dicampur dengan jeruk nipis selama beberapa menit. Setelah itu keringkan kuku dengan menggunakan handuk atau sapu tangan.

Sebaiknya lakukanlah secara teratur agar kuku sahabat menjadi lebih sehat dan berkilau.

6. Garam

Campuran garam, lemon, minyak gandum dan air hangat bisa juga bisa untuk memijat kukumu sehingga kuku menjadi cantik dan sehat.

Campurkan tiga sendok makan garam, lemon, minyak gandum dengan air hangat lalu aduk hingga merata. Usapkanlah campuran tersebut pada kuku lalu pijatlah secara perlahan.

Setelah itu, diamkan selama kurang lebih 15 menit agar bahan-bahan tersebut dapat masuk ke kukumu secara sempurna.

Jika sudah didiamkan selama 15 menit, keringkan kuku lalu oleskan dengan krim tangan. Lakukanlah hal tersebut secara berkala untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

7. Bawang putih

Bumbu dapur yang satu ini juga dapat dimanfaatkan sebagai bahan alami untuk mengkilapkan kuku.

Namun, risikonya kuku dan jarimu pun akan berbau bawang. Hal yang kamu perlukan hanyalah satu siung bawang putih yang sudah dikupas kulitnya dan dicuci bersih.

Potong bawang putih menjadi dua bagian, lalu gosokkan bagian dalam bawang putih ke seluruh kukumu.

Setelah didiamkan selama beberapa saat, bersihkan jari dengan sabun untuk menghilangkan bau bawang putihnya. Lihat hasilnya, kuku terlihat lebih berkilau dengan penggunaan secara berkala.

Manfaat merawat kuku bagi kesehatan

  • Mendetoksifikasi kuku

Kecantikam tidak hanya untuk kulit saja lho, tampilan kuku juga tetap harus diperhatikan agar tetap terlihat cantik dan sehat.

Rutin membersihkan kuku dengan beberapa bahan alami di atas, dipercaya dapat menghilangkan kotoran dan sel-sel kulit matimu.

  • Menguatkan kuku rapuh

Kuku yang rapuh sangat rentang terhadap kerusakan, merawat kuku dengan bahan-bahan di atas juga dapat membuat kuku menjadi lebih kuat dan tak mudah retak.

  • Melembutkan kutikula

Bahan-bahan di atas mengandung zat yang dapat melembutkan kutikula secara alami dan efektif.

Dengan begitu, tampilan kuku pun tidak akan menjadi kering dan kasar.

  • Memelihara tampilan kulit di sekitar kuku

Bahan-bahan di atas memiliki banyak sifat yang menutrisi kulit di sekitar kuku secara alami.

Tekstur kulit yang berada di sekitar kuku pun akan menjadi lembut dan kenyal saat kamu rutin mengaplikasikan bahan-bahan alami tersebut.

  • Memperlambat penuaan kulit di sekitar kuku

Penting sekali lho membuat tekstur kulit di sekitar kuku untuk tetap lembap setiap saat.

Merendam kuku dengan air hangat serta mengoleskan bahan-bahan alami di atas dipercaya dapat memberikan dorongan nutrisi pada kulit di sekitar kuku dan memperlambat penuaan.

Nah, itulah 7 cara alami yang dapat kamu coba untuk membuat kuku sehat dan berkilau.

Simpel dan mudah untuk ditemukan di rumah, bukan?

Yuk, mulai jaga kesehatan kuku mu dari sekarang!