Waktu PSBB masih berlaku, maka perawatan di klinik kecantikan pun harus tertunda.

Selama menghabiskan waktu di rumah saja, pasti Anda sudah melakukan perawatan wajah dengan produ-produk perawatan wajah kesayangan Anda. Kini waktunya untuk upgrade ritual Anda dalam merawat dan menjaga wajah dengan menggunakan beauty tools. Apalagi Idul Fitri tinggal hitungan hari, saatnya merawat wajah agar tampil lebih sehat dan percaya diri di hari kemenangan nanti.

 Simak beberapa Beauty Tools yang bisa Anda coba di rumah, yang dibagikan oleh dr. Juliana Yu, MD. H NH dari House of Skinovation, kepada Femina.

1. Gua Sha

Anda mungkin sering mendengar jade roller yang terbuat dari batu giok. Namun bagaimana dengan Gua Sha? Teknik Gua Sha adalah beauty tools yang terbuat dari batu giok, kuarsa, ataupun tanduk hewan, yang berfugsi untuk melancarkan peredaran darah pada wajah sekaligus membuat rileks otot wajah.

Rutin menggunakan Gua Sha pada area pipi dan jaw line, bisa membuat wajah tampak lebih tirus dan mengencangkan kulit pada area jaw line Anda. Sebelum menggunakannya, oleskan lotion atau pelembab pada wajah Anda, lalu pijat lembut wajah dengan Gua Sha.

Jangan kaget ketika menggunakan Gua Sha, wajah Anda sedikit memerah. Ini artinya Gua Sha bekerja dengan baik karena menarik otot-otot wajah serta aliran darah. Karena ukurannya yang lumayan kecil, Gua Sha bisa Anda masukan ke tas dan membawanya ketika beraktivitas.

2. Cool Mask

Letakkan cool mask di freezer sebelum digunakan ke wajah. Cool mask cocok digunakan sebelum menggunakan riasan, yang berfungsi untuk ‘membangunkan’ wajah agar siap untuk dipoles. Cool mask juga bisa digunakan pada waktu malam sebelum tidur, untuk memperlancar peredaran darah serta ‘cooling down’ wajah setelah seharian beraktivitas.

Cara menggunakannya pun mudah, yaitu setelah dikeluarkan dari freezer, tempelkan kedua cool mask ke area wajah, diamkan selama beberapa detik, lalu pindahkan ke area lain. Tak perlu menggosok, cukup ditempelkan pada wajah saja.

3. Face Massager

Face massager atau alat pemijat wajah, sebenarnya memiliki fungsi yang sama dengan Gua Sha, namun biasanya face massager memiliki gagang dan bola bola roller pemijit pada bagian atasnya yang lebih mudah digunakan.

Anda cukup menyapukan bola-bola face massager tersebut kearah atas, misalnya dari dagu kearah pipi atau dari area hidung ke jidat. Berbeda dengan Gua Sha yang memiliki ukuran yang kecil, Face Massager biasanya memiliki ukuran yang agak besar.

4. Eye Massager

Jangan lupakan alat ini. Mata pun tak luput dari sembab dan keriput. Eye messager memiliki fungsi “mengendorkan” syaraf syaraf yang tegang pada mata, mengurangi keriput, melancarkan aliran darah di area mata, menghilangkan puffiness, serta untuk alat relaksasi.

Biasanya, eye massager memiliki kandungan ion, yang berfungsi untuk menahan mata agar tak sembab. Penggunaannya pun sama seperti alat pemijat wajah, yaitu Anda bisa menggosokan secara halus dan lembut eye massager pada bagian bawah mata selama beberapa menit.

5. Sendok

Ya benar, Anda tak salah baca. Jika menurut Anda alat alat sebelumnya sulit di dapatkan, Anda bisa menggunakan sendok logam, yang pasti Anda miliki di dapur, sebagai beauty tools Anda.

Caranya pun sangat mudah, sebelum digunakan, masukkan sendok kedalam kulkas selama beberapa saat hingga menjadi dingin. Lalu, cukup sapukan bagian belakang sendok yang cembung pada wajah Anda, dengan gerakan perlahan dari atas kebawah, dengan sedikit penekanan.

Anda juga bisa menggunakan sendok yang dingin tersebut untuk mengompres mata Anda, yang berfungsi untuk menghilangkan mata sembab dan menyegarkan tampilan mata.

Berbagai beauty tools tersebut bisa Anda gunakan sesuai kebutuhan Anda. Misalnya, Gua Sha bisa digunakan dua kali sehari, atau eye massager yang cukup digunakan satu hari sekali. Penggunaan beauty tools tersebut mungkin tidak terlihat efeknya secara langsung dan instan dari permukaan, namun memiliki fungsi yang menyehatkan untuk bagian dalam wajah Anda.

Bagaimana? Siap mencoba?