Tidak hanya berhubungan dengan kesehatan tubuh, madu juga memberikan manfaat buat kecantikan. Tak heran banyak produk perawatan kulit yang menggunakan madu sebagai salah satu bahannya. Anda pun bisa memanfaatkan madu untuk merawat kulit di rumah.

Madu bisa Anda manfaatkan untuk melembapkan, mengangkat sel-sel kulit mati atau eksfoliasi, merawat kelembutan bibir bahkan untuk merawat luka. Melansir dari Boldsky, berikut caranya.

1. Melembapkan

Madu bisa dimanfaatkan untuk melembapkan kulit. Ini berkat kandungan emoliennya. Emolien membantu mengunci kelembapan dan membuatnya lembut dan terhidrasi. Yang memiliki kulit kering, sebaiknya memasukkan madu dalam rangkaian perawatan kulit.

Caranya mudah, cukup siapkan satu sendok makan madu. Gosok pada kedua telapak tangan untuk menghangatkan. Kemudian pijatkan pada wajah selama beberapa menit dan diamkan selama 15-20 menit. Bilas dengan air.

2. Eksfoliasi

Eksfoliasi rutin dilakukan untuk mengangkat sel kulit mati sehingga merangsang pertumbuhan sel-sel kulit yang baru. Selain itu eksfoliasi juga membersihkan pori untuk menghindari penyumbatan.

Anda hanya memerlukan satu sendok makan madu dan dua sendok makan baking soda. Ketika sudah tercampur rata, gosokkan pada wajah dan pijat perlahan. Bilas dan cuci wajah seperti biasa kemudian disusul dengan pelembap. Sebaiknya eksfoliasi wajah cukup dua kali dalam seminggu.

3. Melembutkan bibir

Bibir kasar dan pecah-pecah tentu merusak tampilan lipstik dan menimbulkan rasa tidak nyaman. Madu bisa dijadikan scrub guna mengangkat lapisan kulit mati sehingga bibir jadi halus dan lembut.

Siapkan satu sendok makan madu dan dua sendok makan gula (gula pasir atau brown sugar). Campur keduanya dalam wadah dan gosokkan perlahan pada bibir. Kemudian diamkan selama 10 menit dan bilas.

4. Melawan jerawat

Jerawat di wajah ibarat sebuah mimpi buruk. Sebelum buru-buru memencetnya, sebaiknya gunakan madu sebagai pertolongan pertama. Madu mengandung komponen antibakteri yang mencegah pertumbuhan bakteri penyebab jerawat. Selain itu terdapat kandungan antiinflamasi yang membantu meredakan rasa sakit dan peradangan.

Pastikan wajah dalam kondisi bersih dengan penggunaan cleanser dan sabun cuci muka. Aplikasikan madu pada jerawat dan diamkan selama 15-20 menit lalu bilas.

5. Mengatasi hiperpigmentasi

Warna pada kulit terbentuk berkat melanin atau pigmen yang memberi warna pada kulit. Namun paparan sinar UV bisa menimbulkan kelebihan produksi melanin sehingga mengakibatkan hiperpigmentasi atau timbul bintik atau noda hitam di kulit.

Untuk kasus ini, padukan madu dengan minyak kelapa (VCO). Keduanya akan mengandung emolien yang menyegarkan dan mencerahkan kulit. Campur satu sendok makan madu dan satu sendok makan minyak kelapa. Pijatkan ramuan ini pada wajah dan bilas.