Kebiasaan makan sangat mempengaruhi turun naiknya berat badan. Jenis makanan tertentu bisa membantu menurunkan, sebaliknya ada juga yang justru bisa menambah berat badan. Jika ingin berat badan turun, saatnya untuk melihat preferensi makanan Anda yang mungkin secara diam-diam menambah berat badan dan merusak target pengurangan lemak.

Berikut beberapa makanan yang harus dihindari jika berencana menurunkan berat badan dan menjaga kebugaran tubuh, seperti dilansir Times of India, Selasa, 6 Oktober 2020.

1. Keripik Kentang

Keripik kentang atau kentang goreng bisa menjadi makanan terbaik saat ingin menikmati waktu berkualitas atau me time. Semangkuk atau 100 gram keripik kentang mengandung 536 kalori. Keripik dan kentang goreng ini memang enak, tapi di saat yang sama kandungan kalori yang tinggi serta penambahan garam dan minyak yang berlebihan bisa diam-diam merusak rencana penurunan berat badan Anda.

Terlebih lagi, keripik kentang kemasan sering kali mengandung zat pemicu kanker yang disebut akrilamida. Tapi jika ingin tetap memakannya, buat sendiri keripik atau kentang goreng di rumah dengan cara dipanggang dengan sedikit atau tanpa minyak.

2. Minuman manis

Orang sering memilih minum jus buah dengan anggapan bahwa itu baik untuk kesehatan, tetapi tahukah Anda bahwa secangkir jus buah kemasan mungkin mengandung sebanyak 136 kalori. Sarat dengan gula, minuman ini dapat langsung meningkatkan kadar gula darah, dalam jangka panjang dapat menyebabkan penambahan berat badan dan obesitas.

Jadi, jika berencana untuk menurunkan berat badan, tinggalkan minuman kemasan dan pilih jus segar buatan sendiri dan campuran yang sehat.

3. Kue kering

Salah satu makanan yang paling mudah disiapkan saat bepergian adalah biskuit dan kue kering. Kue panggang juga tampak menggoda. Tapi, makanan yang dipanggang mengandung banyak kalori,  satu kue saja bisa 40 kalori.

Selain itu, biskuit dan kue kering terbuat dari gula rafinasi, tepung kaya gluten, dan lemak. Makanan yang dipanggang ini juga mengandung lemak trans dan gula yang menambah rasa, pada akhirnya dapat merusak rencana penurunan berat badan.

4. Roti putih

Jika berencana untuk menurunkan berat badan atau mengikuti pola makan sehat, hindari roti putih.  Roti putih sarat dengan tepung kaya gluten, tambahan gula, dan bahan lain yang dapat menambah jumlah kalori.

5. Minuman kafein dengan susu dan krim

Kopi sarat dengan kebaikan kafein yang membantu meningkatkan metabolisme dan membantu membakar lemak secara alami. Tapi minuman ini sering kali ditambah dengan susu, krim, gula dan bahan lain seperti cokelat atau sirup karamel yang meningkatkan jumlah kalori.

Jadi, jika ingin tetap bugar dengan berat badan terkontrol, minum saja kopi hitam yang dapat membantu mengatur berat badan. Tapi jangan terlalu banyak, karena kelebihan kopi dapat menyebabkan kembung dan ketidaknyamanan.