Kulit yang cantik dan sehat adalah idaman setiap perempuan. Tidak jarang perempuan menghabiskan banyak waktu dan biaya untuk mewujudkannya.

Tidak heran, pasalnya kulit yang terjaga akan membuat perempuan semakin percaya diri. Ia juga memberikan kebahagiaan dan kenyamanan tersendiri.

Umumnya, perempuan Indonesia mengandalkan produk-produk skincare yang dijual di pasaran, baik produk lokal maupun mancanegara.

Tapi, tahukah Mama? Ternyata ada bahan alami yang sangat bermanfaat bagi kulit lho. Bahan ini pun banyak tersedia di Indonesia yang kaya akan gunung berapi.

Bahan alami tersebut adalah belerang atau sulfur. Mama pasti sudah kenal dengan bahan yang satu ini. Pasalnya, ia memiliki bau menyengat yang khas.

Meskipun berbau menyengat, belerang memiliki banyak manfaat bagi kecantikan dan kesehatan kulit lho, Ma. Ia mampu mengobati jerawat hingga memberikan efek anti penuaan.

Yuk, simak manfaat belerang bagi kulit berikut:

1. Mencegah dan mengobati jerawat

Belerang sudah dikenal sebagai bahan yang mampu mencegah dan mengobati jerawat. Bahkan, hampir semua produk anti jerawat yang beredar di pasaran memanfaatkan bahan satu ini.

Belerang mencegah jerawat dengan mengurangi penumpukan minyak di wajah Mama. Ia juga membunuh bakteri penyebab jerawat yang menyumbat dan mengiritasi pori-pori.

2. Mengangkat sel-sel kulit mati

Kulit wajah adalah salah satu bagian tubuh yang aktif melakukan regenerasi. Pada saat melakukannya, kulit meninggalkan sel-sel kulit mati yang membuat wajah menjadi kusam apabila tidak dibersihkan.

Nyatanya, mandi saja tidak cukup untuk mengangkat sel-sel kulit mati lho, Ma. Namun tidak perlu khawatir, Mama bisa memanfaatkan belerang.

Pasalnya belerang memiliki sifat keratolitik dan mampu mengangkat sel-sel kulit mati secara menyeluruh.

3. Memiiki efek anti penuaan

Kulit membutuhkan kolagen agar tetap elastis dan kencang. Sebenarnya, tubuh manusia dapat memproduksi kolagen sendiri, namun volume produksi tersebut akan menurun seiring dengan bertambahnya usia. Kulit pun menjadi kendur dan membuat Mama terlihat tua.

Nah, dengan menggunakan belerang secara teratur, Mama dapat merangsang produksi kolagen Mama. Mama pun bisa mengucapkan selamat tinggal pada kulit kendur!

4. Mengobati eksim

Eksim adalah sebuah kondisi peradangan kulit yang ditandai dengan ruam merah yang sangat gatal. Kondisi ini dapat dipicu oleh faktor genetik, alergi, maupun kondisi lingkungan seperti debu dan tungau.

Keberadaan eksim tentu mengurangi kenyamanan saat beraktivitas. Namun tidak perlu khawatir, Mama bisa mengobatinya dengan menggunakan belerang secara teratur. Belerang akan memberikan efek terapeutik dan anti inflamasi untuk meredakan peradangan yang terjadi.

Namun, ada baiknya Mama berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu agar mendapatkan dosis yang tepat ya, Ma.

5. Mengobati penyakit rosacea

Rosacea adalah sebuah penyakit kulit yang menyerang wajah. Kulit wajah penderita penyakit ini akan berubah kemerahan, dipenuhi bintil padat atau berisi nanah, dan merasakan sensasi terbakar pada mata.

Ada banyak faktor yang dapat menyebabkan rosacea, seperti paparan sinar matahari, udara, stres, konsumsi makanan, konsumsi obat-obatan, hingga menopause.

Sama seperti pada eksim, belerang dapat mengobati penyakit ini berkat efek terapeutik dan anti inflamasinya. Namun, selalu konsultasikan dosis penggunaan dengan dokter agar tidak menimbulkan efek samping ya, Ma.

Ternyata meskipun memiliki bau yang menyengat, belerang memiliki banyak manfaat bagi kecantikan dan kesehatan kulit ya, Ma.

Tapi ingat untuk menggunakan belerang dengan dosis yang tepat ya, Ma.

Pasalnya, belerang mampu mengubah tingkat keasaman di kulit Mama dan meningkatkan risiko iritasi, terutama bagi yang memiliki kulit sensitif atau kering.