Baby oil kerap diandalkan sebagai pengganti minyak telon yang melembapkan sekaligus menghangatkan kulit bayi usai mandi. Namun, manfaat baby oil ternyata juga bisa dirasakan orang dewasa. Ada beberapa tips kecantikan yang memanfaatkan penggunaan baby oil. Merangkum Yukepo.com, berikut manfaat baby oil untuk perawatan kecantikan.

Membersihkan kuas makeup

Alat kecantikan tentu harus dibersihkan secara berkala, termasuk kuas makeup. Teteskan sedikit baby oil pada kuas, lalu usap dengan tangan hingga sisa makeup luntur. Setelah itu, rendam sebentar di dalam air hangat. Peras hingga sisa kotoran terangkat, lalu keringkan.

Pelembap kulit

Bisa diaplikasikan pada bagian tubuh mana pun yang terasa kering dan bersisik. Cukup oleskan sekali sehari usai mandi untuk menjaga kadar kelembapan kulit. Meski begitu, hati-hati jika ingin mengaplikasikannya di wajah. Sebaiknya lakukan uji coba di bagian lainnya dulu untuk mencegah reaksi alergi maupun iritasi.

Membersihkan riasan mata

Manfaat baby oil berikutnya adalah membersihkan makeup di bagian mata, termasuk sisa maskara dan eyeliner yang biasanya waterproof. Gunakan kapas yang telah ditetesi baby oil, lalu sapukan pada bagian mata secara lembut. Sisa makeup akan luntur sehingga lebih muda dibersihkan dengan facial wash setelahnya.

Mengatasi kaki pecah-pecah

Coba oleskan baby oil ke bagian yang pecah-pecah dan kering. Lakukan pada malam hari sebelum tidur, lalu tutup dengan kaos kaki hingga keesokan harinya.

Manikur

Ingin membuat cat kuku terlihat lebih rapi? Aplikasikan dulu ke kuku sebelum mengoles kuteks untuk mengurangi potensi cat yang keluar garis. Kamu juga bisa menyiapkan cotton bud yang sudah dicelup baby oil untuk membersihkan cat kuku yang berantakan. Baby oil juga bisa dimanfaatkan untuk melembutkan kuku yang mulai kering dan bersisik. 

Mengatasi ketombe

Produk ini juga bisa dipakai untuk mengatasi masalah kulit kepala, seperti ketombe dan kulit kepala kering. Baby oil juga bisa membantu melembutkan rambut yang kering. Oleskan perlahan ke bagian yang gatal atau bermasalah, lalu dibilas setelah didiamkan beberapa saat. Bisa dipakai sebelum keramas supaya hasilnya lebih optimal.

Membersihkan kotoran membandel di kulit

Biasanya bekas cat yang mungkin menempel di tangan setelah beraktivitas. Umumnya untuk membersihkan sisa cat tersebut digunakanlah thinner atau minyak tanah. Masalahnya aromanya memang bikin kurang nyaman. Ganti dengan baby oil yang aromanya lebih mild dan enak di hidung.