Bibir merupakan salah satu bagian penting dalam tubuh manusia, khususnya untuk wanita. Banyak wanita yang mendambakan bibir sehat dan merah merona untuk menunjang penampilan fisiknya. Karena itulah mereka biasanya menggunakan lipstik dan melakukan perawatan mahal untuk mempercantik bibir.

Namun, semua itu tentu saja akan menghabiskan banyak biaya dan belum terjamin keamanannya. Sebab banyak ditemui kasus bibir rusak karena zat kimia yang ada di berbagai produk kosmetik dan perawatan, seperti bibir menghitam, pecah-pecah, bengkak hingga mengalami alergi dan iritasi.

Mengingat risikonya, mengapa kalian tidak mencoba cara yang lebih alami saja? Selain biayanya yang lebih murah, kalian juga tak perlu mengkhawatirkan keamanannya karena menggunakan masker bibir yang berasal dari bahan-bahan alami. Hasilnya pun tak kalah bagus dari penggunaan produk kosmetik mahal karena masker bibir dari bahan alami juga bisa membuat warna bibirmu kembali sehat dan merona.

Untuk itu, tim WowKeren akan menunjukkan beberapa bahan alami yang bisa kalian gunakan sebagai masker bibir. Penasaran apa saja itu? Langsung saja yuk simak informasi selengkapnya dalam artikel berikut ini.

1. Madu

Madu dikenal sebagai salah bahan alami yang memiliki banyak sekali manfaat, baik untuk kesehatan maupun untuk kecantikan. Salah satunya adalah untuk membuat bibir kembali sehat dan mencerahkannya secara alami. Nutrisi yang terkandung dalam madu memiliki efek melembabkan, sehingga cocok banget buat kamu yang mempunyai bibir pecah-pecah.

Apalagi di tengah peralihan cuaca seperti ini, bibir akan rentan mengering. Sehingga kamu perlu melembabkannya secara alami menggunakan madu. Tak perlu khawatir soal keamanannya, karena madu sudah terbukti aman tanpa efek samping. Caranya pengaplikasiannya pun sangat mudah, sebab kamu hanya perlu mengoleskan madu murni pada bibir setiap pagi dan malam menjelang tidur.

2. Tomat

Tomat yang mudah kita temukan di dapur ternyata juga bisa kalian gunakan untuk mendapatkan bibir idaman. Hal ini dikarenakan tomat kaya akan vitamin C dan A yang bisa membuat bibirmu terlihat lebih cerah dan sehat secara alami.

Untuk mendapatkan khasiatnya, terlebih dahulu haluskan tomat menjadi pasta. Setelah itu aplikasikan pada bibir dan biarkan selama 30 menit. Bila sudah, kamu harus membersihkannya dengan air hangat dan lakukan perawatan ini setiap hari agar hasilnya lebih maksimal.

3. Jeruk Nipis

Jeruk nipis yang biasa digunakan sebagai penambah citarasa pada masakan ternyata juga dapat membantu menyehatkan bibir. Khasiat ini didapat dari tingginya kandungan vitamin C pada jeruk nipis yang bisa mencerahkan bibir secara alami serta mengatasi bibir gelap dan pecah-pecah.

Cara menggunakannya pun sangat mudah. Pertama-tama ambil satu buah jeruk nipis lalu potong menjadi dua bagian. Kemudian gosokkan jeruk nipis pada bibir dan diamkan selama 30 menit agar kandungannya bisa menyerap dengan sempurna. Bila sudah, segera bilas bibir dengan air bersih dan lakukan perawatan ini secara rutin.

4. Minyak Zaitun

Minyak zaitun merupakan salah satu jenis minyak esensial yang kaya manfaat baik. Salah satunya adalah melembabkan dan membuat bibir berkilau secara alami. Bila digunakan secara rutin sebagai masker, minyak zaitun akan membuat bibirmu menjadi lebih sehat.

Cara mendapatkan manfaatnya sangat mudah kok. Sebab kamu hanya perlu mengoleskan sedikit minyak zaitun pada bibir lalu diamkan semalaman. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, lakukan perawatan ini setiap hari. Dijamin deh, bibirmu akan lebih sehat dan enggak kering lagi.

5. Mentimun

Tingginya kandungan air di dalam mentimun bisa kalian manfaatkan untuk menyehatkan bibir. Selain itu, mentimun juga kaya akan asam askorbat yang dapat merangsang kolagen yang dikenal sebagai salah satu zat baik untuk bibir. Dengan sejumlah kandungan tersebut, mentimun bisa membuat bibir menjadi lebih merona dan menghilangkan sel-sel kulit mati yang menempel.

Ada beberapa langkah mudah yang harus kamu lakukan untuk mendapatkan manfaatnya. Pertama, cuci bersih dan parut mentimun tanpa mengupasnya terlebih dahulu. Setelah itu balurkan pada bibir secara merata dan biarkan selama 30 menit agar kandungannya menyerap dengan sempurna. Terakhir bilas dengan air dingin dan lakukan perawatan ini secara rutin.

6. Kentang

Kentang adalah salah satu jenis umbi-umbian yang memiliki citarasa lezat dan biasa digunakan sebagai bahan masakan. Di samping itu, kentang ternyata juga dapat kamu jadikan sebagai masker untuk mendapatkan bibir yang lebih sehat.

Cara pengaplikasiannya pun sangat mudah. Pertama, ambil sebuah kentang ukuran kecil lalu tumbuk sampai halus. Kemudian oleskan pada bibir dan diamkan selama 30 menit. Setelah itu, bilas dengan air bersih dan lakukan perawatan ini secara rutin. Bila kamu ingin memaksimalkan manfaatnya, tak ada salahnya untuk mencampur tumbukan kentang dengan madu atau minyak zaitun untuk membuat bibir lebih lembut.

7. Stroberi

Stoberi menjadi buah favorit banyak orang karena memiliki rasa khas dari yang berasal perpaduan manis dan asam. Di balik itu, stroberi ternyata dapat menyehatkan bibir karena kaya akan antioksidan dan vitamin C. Karena kandungannya itu, stroberi dapat mengatasi warna gelap pada bibir, mengangkat sel-sel kulit mati, melembutkan dan mencerahkan secara alami.

Untuk mendapatkan khasiatnya, pertama-tama potong buah stroberi menjadi dua bagian. Setelah itu oleskan pada bibir dan diamkan selama 5-10 menit. Terakhir bilas dengan air sampai bersih dan lakukan perawatan ini secara rutin setiap hari.

8. Gula Pasir

Bahan alami terakhir yang WowKeren rekomendasikan adalah gula pasir. Bahan yang terbuat dari sari tebu ini akan bertindak sebagai zat abrasif yang dapat merontokkan sel-sel kulit mati di bibir, sehingga mampu mencerahkannya secara alami. Untuk mendapatkan khasiatnya, sebaiknya campur gula pasir dengan madu atau minyak zaitun. Setelah itu gosokkan secara perlahan di bibir sehari sekali saat pagi maupun malam. Lakukan perawatan ini secara rutin dan lihat perbedaannya.

Demikian delapan bahan alami yang bisa kalian gunakan untuk masker bibir yang telah tim WowKeren rangkum. Simak juga artikel ini untuk mengetahui berbagai bahan alami yang dapat digunakan untuk menghilangkan bau mulut. Selain itu, kalian juga bisa menyimak artikel ini untuk mengetahui berbagai bahan alami yang ampuh banget untuk melembutkan rambut.