Memiliki bulu mata panjang adalah idaman setiap perempuan. Apalagi jika bulu matanya lentik, tentu akan tampak lebih sempurna. Bahkan, tidak perlu repot menempel bulu mata palsu untuk melengkapi riasan wajah.

Beberapa cara dilakukan agar memiliki bulu mata yang panjang. Memang ada produk yang bisa memanjangkan bulu mata, namun kandungan kimianya mungkin saja bisa berbahaya.

Solusinya, Mama bisa memakai cara alami untuk memanjangkan bulu mata dengan mengonsumsi makanan-makanan tertentu secara rutin. Selain menumbuhkan bulu mata lebih panjang, makanan tersebut juga pasti bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Tak perlu berlama-lama, simak 7 makanan untuk membantu memanjangkan bulu mata yang telah Popmama.com rangkum sebagai berikut.

1. Salmon mengandung omega 3 melindungi bulu mata agar tidak rapuh dan rontok

Salmon merupakan makanan yang dapat memanjangkan bulu mata karena memiliki beragam kandungan, seperti asam lemak omega 3, vitamin D, dan vitamin B.

Asam lemak omega 3 berfungsi untuk melindungi bulu mata dari kerusakan, rapuh dan rontok. Hal itu karena, omega 3 memberi kelembapan pada sel-sel kulit, merangsang produksi kolagen, dan serat elastin yang kuat.

Dari situlah folikel rambut mendapat makanan sekaligus membantu rambut dan bulu mata tumbuh sehat. Perlu diketahui bahwa omega 3 tidak diproduksi secara alami dalam tubuh kita sehingga harus mendapatkannya dari makanan seperti salmon.

Selain omega 3, kandungan vitamin D dan vitamin B pada salmon pun dapat meningkatkan pertumbuhan bulu mata.

Tak hanya memanjangkan bulu mata, salmon juga bersifat baik untuk jantung, membantu mengontrol berat badan, meningkatkan fungsi otak, melindungi tulang, dan bagus untuk mata.

2. Telor mengandung biotin untuk menumbuhkan bulu mata

Selain salmon, telor juga termasuk makanan yang dapat memanjangkan bulu mata. Telor kaya akan zat besi, biotin, dan pastinya protein. Telor juga mengandung vitamin B biotin yang dibutuhkan untuk menumbuhkan bulu mata dan menjaga kesehatan kulit kepala.

Rambut dan bulu mata tersusun dari keratin. Makanan yang kaya protein dapat membantu tubuh mendapatkan jumlah asam amino yang tepat untuk menghasilkan keratin sehingga membuat bulu mata lebih kuat dan lebih panjang.

Oleh sebab itu, kita perlu mengonsumsi telor dalam prosesnya. Namun, perlu diingat bahwa telor dapat bekerja jika dikonsumsi dalam jumlah sedang. Apabila berlebihan maka dapat menghalangi penyerapan biotin pada tubuh kita.

3. Tiram mengandung zinc yang mencegah kerontokan pada bulu mata

Makanan yang dapat memanjangkan bulu mata berikutnya adalah tiram. Makanan ini mengandung zinc yang dapat mengatasi kerusakan sel rambut. Jika Mama kekurangan zinc, dapat berakhir pada kerontokan rambut dan bulu mata.

Selain itu, tiram juga mengandung zat besi yang dapat menahan bulu mata hingga ke akarnya sehingga mencegahnya rontok. Oleh karena itu, mengonsumsi tiram akan memberi kekuatan yang cukup pada bulu mata agar tumbuh lebih sehat dan kuat.

Jika Mama kurang menyukai rasa dan aroma tiram, makanan seperti daging sapi, kepiting, lobster, dan sereal yang difortifikasi bisa menjadi pengganti yang bagus karena terdapat pula kandungan zinc.

4. Sayuran hijau penuh nutrisi untuk mencegah kerusakan bulu mata dan menjaga hidrasi

Sayuran hijau, seperti bayam dan kangkung juga tercatat dalam daftar makanan yang dapat memanjangkan bulu mata.

Bayam adalah makanan penuh nutrisi yang membantu menjaga hidrasi dan mencegah kerusakan bulu mata. Sebab, bayam kaya akan vitamin A, vitamin C, asam folat, dan zat besi.

Asam folatnya membantu menggantikan sel-sel lama dari tubuh dengan yang baru, termasuk sel-sel kapiler. Semua elemen tersebut bekerja sama dalam menjaga kelopak mata tetap sehat dan subur untuk menumbuhkan kembali folikel baru.

Sayuran berdaun hijau tua lainnya, seperti kangkung pun memiliki efek yang sama pada bulu mata Mama.

5. Kacang kaya omega 3, vitamin E, dan asam amino untuk memperkuat folikel rambut

Kacang-kacangan, seperti kacang mete, kacang tanah, almond, walnut, dan macadamias, memiliki kandungan asam lemak omega 3, vitamin E, dan asam amino (L-arginine).

Asam lemak dengan vitamin E bekerja untuk mengangkut darah dan oksigen ke folikel rambut sehingga aliran darah meningkat dan memperkuat folikel rambut. Ini menjaga bulu mata agar tidak rontok dan mendorongnya tumbuh lebih cepat.

Asam amino juga memainkan peran penting dalam meningkatkan kesehatan dinding arteri untuk menghasilkan aliran darah yang lebih baik ke folikel rambut Mama.

6. Biji-bijian memiliki kandungan vitamin B6 yang memproduksi pigmen warna bulu mata

Biji-bijian, seperti kedelai dan lentil jika dikonsumsi dapat mendukung pertumbuhan bulu mata yang cepat dan sehat. Makanan ini kaya akan zat besi dan vitamin B6.

Zat besi merupakan mineral utama untuk kesehatan tubuh dan rambut. Menurut penelitian, zat besi juga meningkatkan sirkulasi darah ke seluruh tubuh dan bertanggung jawab untuk menormalkan siklus pertumbuhan bulu mata.

Sementara, kandungan vitamin B6 pada biji-bijian dapat merangsang produksi melanin, pigmen atau zat warna gelap yang memberi warna pada bulu mata.

Pada dasarnya, semua jenis biji-bijian memberikan nutrisi untuk rambut. Namun, kacang hitam paling direkomendasikan bagi mereka yang ingin bulu matanya tumbuh dengan cepat. Itu karena, kacang ini bergantung pada asam folat untuk perawatan rambut rontok.

7. Greek yoghurt kaya protein dan vitamin B5 untuk pertumbuhan bulu mata sehat

Greek yoghurt kaya protein dan vitamin B5 yang juga dikenal sebagai asam pantotenat. Dua nutrisi tersebut penting untuk pertumbuhan bulu mata yang sehat dan cepat.

Vitamin lainnya, yaitu vitamin D juga hadir dalam yoghurt untuk menjaga rambut serta bulu mata supaya terlihat sehat dan panjang. Itulah kenapa yoghurt menjadi salah satu makanan yang dapat memanjangkan bulu mata.

Sebenarnya, kandungan asam pantotenat juga terdapat di beberapa produk untuk kulit dan rambut, tapi mengonsumsinya lewat yoghurt tentu jauh lebih sehat.

Namun, jika Mama kurang menyukai yoghurt bisa menggantinya dengan beberapa produk. Misalnya, keju cottage, keju rendah lemak, dan susu skim.

Susu kaya akan asam folat yang mencegah rambut rontok dan membuat bulu mata tumbuh lebih panjang. Ditambah, asam folat dapat merangsang produksi melatonin yang membuat bulu mata Mama menjadi lebih gelap.

Sebelum mencoba produk pemanjang bulu mata, tidak ada salahnya Mama mengonsumsi beberapa makanan di atas secara rutin. Bulu mata pun bisa tumbuh panjang tanpa terkontaminasi bahan kimia.