Kamu punya kulit berminyak? Pasti tahu banget gimana sulitnya mengontrol minyak atau sebum pada kulit wajah kita.

Namun tahukah kamu kalau yang terjadi sebenarnya adalah kulit berminyak jadi sulit dikontrol karena kebiasaan kita yang salah?

Ada kebiasaan tertentu yang enggak kita sadari malah membuat kulit jadi makin berminyak tanpa kontrol!

Untuk itu, yuk cari tahu 5 kebiasaan yang wajib kita hindari biar kulit berminyak kita enggak makin berminyak!

Mencuci muka lebih dari 2 kali sehari

Karena kulit kita minyakan, akhirnya kita memilih untuk cuci muka lebih dari 2 kali sehari. Kebiasaan ini wajib dihilangkan, ya!

Mencuci muka memang bisa menghilangkan minyak berlebih pada kulit kita. Namun kalau dilakukan terlalu serin, kulit bakalan kehilangan selurh minyak, yang menyebabkan kulit jadi kering.

Ingat, kalau kulit kering, kulit kita bakalan makin memproduksi banyak sebum, lho!

Untuk itu, pastikan kita hanya mencuci muka 2 kali sehari dengan menggunakan sabun cuci muka yang lembut. Kita juga bisa menggunakan teknik double cleansing biar kulit enggak terlalu berminyak, kok!

Kelebihan memakai toner

Sehabis pakai toner, pasti kita merasa kulit lebih segar dan bersih kan?

Toner juga bisa mengangkat sisa minyak yang enggak bisa dibersihkan oleh sabun cuci muka. Alhasil, kulit bakalan terasa nyaman tanpa minyak berlebih.

Namun perlu diingat kalau toner yang dipakai terlalu banyak juga bisa menimbulkan masalah pada kulit berminyak kita, yaitu kulit kehilangan sebum dan akhirnya memproduksi jauh lebih banyak sebum!

Untuk itu, coba cari toner tanpa alkohol yang enggak bakalan bikin kulit lebih kering, nih/

Enggak pakai pelembap

Karena kulit kita sudah berminyak, kita jadi berpikir enggak perlu lagi pakai pelembap. Padahal ini pemikiran yang salah,lho!

Ketika kita enggak memakai pelembap, kulit berminyak kita bakalan merasa kalau kulit kurang lembap, sehingga akhirnya memproduksi sebum jauh lebih banyak daripada yang seharusnya.

Untuk mengontrolnya, kita wajib pakai pelembap, sehingga kulit bakalan memperlambat produksi sebum, nih.

Namun biar enggak terlalu banyak dan terasa minyakan, kita bisa coba memakai pelembap yang ringan, yaitu pelembap dengan tekstur gel atau air, girls.

Kebanyakan pakai obat jerawat

Obat jerawat dengan kandungan salicylic acid atau benzoyl peroxide memang bisa membuat jerawat jadi kering dan cepat menghilang.

Namun bukan berarti kita memakai obat jerawat dalam jumlah banyak dan terlalu sering setiap harinya, ya!

Kandungan tersebut bisa membuat kulit jadi kering. Lalu, kulit bakalan merasa kalau kekurangan minyak, sehingga memproduksi makin banyak lagi minyak yang bikin pori-pori tersumbat!

Kalaupun mau pakai obat jerawat, sebaiknya hanya gunakan 1 kali di malam hari dengan jumlah yang secukupnya.

Menggosok kulit terlalu keras

Entah ketika kita lagi cuci muka, scrub, memakai serum, hingga pelembap, gerakan menggosok kulit yang terlalu kasar ternyata bisa bikin kulit berminyak kita makin berminyak, lho!

Sayangnya ketika kita menggosok kulit terlalu kuat, kita juga ikutan merangsang kulit kita untuk memproduksi minyak makin banyak lagi, lho!

Jadi, pastikan rawat kulit kita dengan selembut mungkin, ya!