Toner adalah cairan yang dioleskan ke kulit dengan menggunakan kapas. Toner berfungsi menghilangkan bekas kotoran, sisa riasan, residu pembersih, dan minyak berlebih.

Toner jamak digunakan setelah pembersih, sebelum pelembab dan produk perawatan kulit lainnya diaplikasikan ke wajah, tak terkecuali bagi kulit berjerawat. 

Berikut penjelasan lebih lanjut seputar toner untuk menghilangkan jerawat dan bekasnya. 

Apakah toner bisa menghilangkan jerawat?

Dilansir dari Verywell Health, toner yang tepat dapat membantu menghilangkan jerawat. Terutama untuk jerawat ringan atau belum parah. Hal yang perlu dipahami, toner saja tidak bisa menghilangkan jerawat membandel.

Anda juga perlu menggunakan obat jerawat dan serangkaian perawatan kulit berjerawat untuk mendapatkan hasil optimal. Toner bisa membantu menghilangkan jerawat dengan cara membersihkan pori-pori kulit secara optimal.

Selain itu, toner juga bisa mencegah jerawat karena pori-pori kulit tak lagi tersumbat.

Apakah toner bisa menghilangkan bekas jerawat?

Toner yang tepat juga dapat membantu menghilangkan noda bekas jerawat. Namun, toner hanya dapat membantu memudarkan bekas jerawat berupa noda hitam.

Toner tidak bisa membantu menghilangkan bekas jerawat jenis bopeng atau luka yang cukup dalam. Dibutuhkan perawatan medis untuk menghilangkan bekas jerawat membandel seperti bopeng atau bekas jerawat membandel.

Tips memilih toner untuk menghilangkan jerawat dan bekasnya

Pemilihan toner yang kurang justru bisa membuat jerawat bertambah parah. Melansir Bustle, ada beberapa jenis toner yang tepat untuk menghilangkan jerawat dan bekasnya.

Pilih produk yang tidak membuat kulit kering, lembut, tapi bisa menghilangkan minyak berlebih. Toner yang mengandung bahan alami seperti teh hijau bisa mencegah kulit kering.

Kulit rentan berjerawat juga membutuhkan bahan yang bisa menjaga keseimbangan minyak alami dan mengurangi peradangan. Untuk itu, pastikan produk toner tidak mengandung alkohol dan bahan kimia yang keras.

Pemilik kulit berjerawat yang cenderung sensitif tidak disarankan menggunakan toner dengan bahan aktif witch hazel karena rentan mengiritasi kulit. Untuk pemilik kulit berjerawat jenis komedo, pilih toner yang mengandung asam salisilat. Sedangkan untuk Anda yang ingin menghilangkan bekas jerawat hitam, pilih produk toner dengan bahan aktif asam glikolat.

 Penggunaan toner untuk jerawat dan bekasnya sudah tepat apabila penggunaan produk tidak disertai gatal, kulit teras kencang, atau kemerahan. Hentikan penggunaan toner apabila kulit jadi teriritasi dan kemerahan.