Dibutuhkan dukungan besar yang dapat menyemangati sekaligus menyediakan wadah untuk para pemilik Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di saat pandemi seperti saat ini sedang terjadi.

Pandemi yang masih berlangsung, tentu menjadi sesuatu yang dapat menghambat pertumbuhan dan penjualan para UMKM. Menyadari akan hal itu, kementerian BUMN kemudian menginisiasi program Nusantara Fashion Festival 2020 atau yang dapat disebut NUFF 2020 melalui Bank Rakyat Indonesia demi mendukung para penggerak UMKM yang berfokus di industri mode.

Akan dilangsungkan pada tanggal 1 Agustus sampai 31 Agustus, program yang merupakan bagian dari gerakan nasional Bangga Buatan Indonesia ini akan melibatkan karya 75 perancang, label, dan UMKM yang bergerak di industri mode untuk kemudian dipresentasikan melalu sebuah virtual fashion show. Selain dalam bentuk presentasi, rangkaian fashion talks yang akan dihadiri lebih dari 50 pembicara serta koleksi kolaborasi spesial antara brand lokal dengan desainer dalam format charity auction.

Beberapa label yang akan melelang produk mereka dan dapat Anda tunggu adalah produk kolaborasi NUFF 2020 dengan desainer Sepatu Compass, Sejauh Mata Memandang, NIION, Rama Dauhan, Darbotz, Bluesville, Hit Hat Premium, Stereoflow, Dibba, Voyej, Didi Budiarjo, DGTMB Project, dan masih banyak lagi. Anda bisa mengakses lelang virtual tersebut melalui website nusantarafashionfestival.com.

Acara yang melibatkan sosok penting di industri mode dan kreatif ini, diketahui mendapuk Handayani, Direktur Konsumer BRI; Jay Subyakto, Art Director; Dian Muljadi, businesswoman; Leonard Theosabrata, Direktur SMESCO Indonesia; Anton Wirdjono, Founder & CEO The Goods Dept; Didiet Maulana, desainer mode.

“Industri mode memiliki rantai ekosistem yang sangat luas.Menghadapi masa pandemi saat ini UMKM dihadapkan dengan tekanan yang besar. Hadirnya NUFF 2020 dapat menjadi angin segar bagi pelaku UMKM yang saat ini membutuhkan
dukungan untuk memperlihatkan eksistensi diri dan juga mempresentasikan karyanya. Untuk mendorong kebangkitan ekonomi dibutuhkan dukungan dari berbagai pihak, tidak hanya pemerintah namun juga masyarakat berkontribusi dalam gerakan nasional Bangga Buatan Indonesia dengan menggunakan produk dalam negeri,” jelas Leonard Theosabrata.

Beberapa desainer yang sekiranya akan turut berkolaborasi di NUFF 2020 adalah Abenk Alter, Adrian Gan, Aesthetic Pleasure, Agugn, Aidan And Icd, Amalia Jewel, Amot Syamsurimuda, AMSTAMB, Atelier Pedra, Auguste Soesastro x Iwan Tirta, Bin House, Bluesville, BYO, CHIEL shoes, CIEL, Clarisa Kwok, Cotton Ink, Danjyo Hiyoji, Darbotz, Deden Siswanto, Denny Wirawan, DGTMB Project, Dibba, Didi Budiarjo, Didiet Maulana, Eddy Betty, Edward Hutabarat, Egon, Elhaus, Ella & Glo, EPA Jewel, Etu, F budi, Fréj, Friederich Herman, Ghea Panggabean, Hattaco by Rani Hatta, Heaven Tanudiredja, Hian Tjen, Hit Hat Premium, House of Jealouxy, IKYK, Kana Goods, Lekat, Lulu Lutfi Labibi, Mader, Mahija, Major Minor, Massicot, Mel Ahyar, Monday to Sunday, mote_mote, Museum of Toys, NIION, Noesa, Not Your Birthday, Olderplus, Pala Nusantara, Patrick Owen, Peggy Hartanto, Pendulum, Priyo Oktaviano , Purana, Pvra, Rama Dauhan, Riana Lombok, Rinaldy A.Yunardi, Rosalyn Citta, Runa Jewelry, Scipaprock, Sean Sheila, Sebastian Gunawan, Sejauh Mata Memandang, Semomondeezy, Sepatu Compass, SOE Jakarta, Stella Rissa, Stereoflow, Straps, Studio Moral, TANGAN, Terima Kasih Kembali, Tex Saverio, Tities Sapoetra, Toton, Tsunja Studio, Tulola, Voyej, Yogie Pratama, dan banyak lagi.

“BRI mendukung penuh kegiatan ini, salah satu tujuannya adalah membantu UMKM berjuang di tengah pandemi Covid-19. Keterlibatan UMKM dalam kegiatan ini dengan harapan dapat menjadi sarana promosi sekaligus membantu penjualan produk lokal buatan Indonesia,” ungkap Handayani, Direktur Konsumer Bank BRI. “Suatu kebanggaan bagi BRI dapat menghadirkan NUFF 2020 sebagai ruang bagi pelaku industri mode dan kreatif serta UMKM untuk memperlihatkan kualitasnya. Kami harap program ini dapat menjadi langkah awal yang positif bagi pelaku ekonomi kreatif untuk menciptakan peluang dan optimis dalam berkarya serta untuk mempersuasi masyarakat untuk mendukung Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia.” Tutup Handayani.

Saksikan seluruh rangkaian NUFF 2020 dalam format live stream di website nusantarafashionfestival.com!