Di tengah kondisi pandemi ini, banyak orang menjalankan acaranya secara virtual lewat website atau media sosial. Bahkan, beberapa pagelaran busana pun dilakukan secara online.

Nah, baru-baru ini Council of Fashion Designers of America (CFDA) mengumumkan daftar pemenang CFDA Awards 2020. Acara ini merupakan acara yang paling bergengsi di dunia fashion, karena dianggap sebagai Oscars-nya dunia fashion.

Sejumlah desainer berprestasi dari label-label fashion raksasa diumumkan sebagai “pemegang” bisnis fashion setiap tahunnya. Chairman dari CFDA, Tom Ford hadir untuk mengumumkan para pemenang tahun ini.

Selain itu, CFDA Awards juga tidak mengumumkan nominasi Fashion Icon, Positive Change, Founder’s, Media, dan Lifetime Achievement pada tahun ini. Sebaliknya, mereka menambah dua kategori baru, yaitu International Women’s Designer of the Year dan International Men’s Designer of the Year.

Berikut daftar pemenang kategori-kategori utama dari CFDA Awards 2020:

International Women’s Designer of the Year: Pierpaolo Piccioli dari Valentino

Rasanya akan aneh apabila Piccioli tidak memenangkan kategori ini. Direktur Kreatif dari Valentino ini terus-terusan menghiasi headline media fashion dengan karya-karyanya yang menggugah, mulai dari koleksi Resort 2020, koleksi Couture “Daydreaming” di Beijing, hingga yang terbaru koleksi Couture 2021 yang menampikkan gaun-gaun raksasa.

Dan ia tidak perlu menjual narasi macam-macam untuk menjajakan koleksinya, sebab karyanya dapat “berbicara” dengan sendirinya.

International Men’s Designer of the Year: Kim Jones dari Dior Men

Tidak dapat dipungkiri bahwa Jones adalah salah satu perancang mode pria terbaik saat ini. Sejak masanya sebagai Direktur Kreatif di Louis Vuitton hingga kini di Dior, Jones tak pernah kehabisan akal dalam mengreasikan karya-karya futuristis yang tetap enak dilihat.

Ia juga berhasil bekerja sama dengan berbagai seniman dan label fashion—membuatnya populer di antara pecinta mode niche maupun populer.

American Womenswear Designer of the Year: Gabriela Hearst dari Gabriela Hearst

Hearst menjadi bahan perbincangan hangat selama beberapa musim ke belakang karena dedikasinya dalam mengkreasikan koleksi ramah lingkungan. Ia sebelumnya diketahui mendaur ulang semua bahan dari koleksi sebelumnya untuk menciptakan koleksi RTW baru yang unik dan cantik.

Selain ketiga pemenang utama di atas, terdapat beberapa desainer lain yang memenangkan kategori khusus. Kerby Jean-Raymond dari Pyer Moss memenangkan American Menswear Designer of the Year, Telfar Clemens dari Telfar memenangkan American Accessories Designer of the Year, sementara Christopher John Rogers memenangkan kategori American Emerging Designer of the Year.

Ingin tahu lebih lanjut tentang first class Lifestyle, silakan klik HighEnd-Magazine.