Madu merupakan sumber makanan yang sangat menyehatkan. Ia tergolong makanan super karena kandungan nutrisinya. Berbagai penelitian menunjukkan bahwa madu memiliki manfaat untuk kesehatan.

Madu sering dikonsumsi beserta makanan lainnya. Biasanya sering menjadi bahan pemanis untuk berbagai makanan, mulai dari kue, roti, pancake, jus, teh, jamu, dan lainnya. Rasanya yang manis dan kental memang sangat enak dijadikan bahan pemanis pada makanan.

Walaupun sering digunakan sebagai pemanis, madu sendiri juga bisa langsung dikonsumsi tanpa tambahan apa pun. Nutrisi yang ada pada madu pun tetap bisa didapatkan.

Selain penggunaan madu sebagai bahan makanan, madu bisa juga digunakan untuk tujuan kecantikan. Sebab, manfaat madu juga bisa bermanfaat untuk kulit dan kecantikan.

Kira-kira manfaat kecantikan apa saja ya yang akan didapatkan dari madu? Yuk simak informasi seputar manfaat madu untuk wajah dan kecantikanberikut ini!

1. Anti keriput dan menunda penuaan dini madu bisa melembabkan kulit

Kulit yang sehat dan tidak kering adalah dambaan setiap perempuan. Sebab, kulit yang kering dapat membuat keriput dan garis halus pada wajah. Manfaat madu yang bisa didapatkan yaitu melembabkan. Madu yang dioleskan ke wajah bermanfaat untuk menjaga kelembaban kulit untuk menghindari keriput dan menunda penuaan dini.

2. Dapat mengangkat sel kulit mati, kulit tampak lebih bersih dan sehat

Manfaat madu yang lainnya adalah dapat mengangkat sel kulit mati. Sel kulit mati yang menempel pada kulit akan terangkat setelah madu diaplikasikan ke wajah. Sehingga kulit tampak lebih bersih dan sehat.

3. Menghilangkan bekas luka bakar dengan menggunakan madu

Manfaat madu juga bisa digunakan untuk menghilangkan bekas luka bakar. Penggunaan yang rutin dan teratur akan memberikan hasil yang diinginkan. Tetapi, karena madu adalah bahan alami, tentu saja akan membutuhkan waktu yang lebih lama daripada produk yang menggunakan bahan kimia.

4. Manfaat madu untuk mencerahkan kulit agar tampak lebih glowing

Selain itu, manfaat madu juga dapat mencerahkan kulit agar terlihat lebih glowing. Inilah rahasia yang digunakan oleh perempuan pada masa kerajaan Mesir kuno. Kandungan antioksidannya dapat menangkal paparan radikal bebas. Inilah yang membuat madu dapat mencerahkan kulit.

5. Jangan digigit, madu dapat mengatasi bibir pecah-pecah

Tidak hanya untuk kulit, manfaat madu juga bisa diaplikasikan ke daerah bibir. Terutama saat bibir sedang kering dan pecah-pecah. Madu bisa menjadi scrub untuk mengatasi masalah ini. Caranya dengan mencampurkannya dengan gula pasir dan kemudian dioleskan ke area bibir. Diamkan beberapa menit lalu bilas menggunakan air.

6. Bibir sehat, madu membuat bibir lebih merah

Selain mengatasi bibir pecah-pecah, madu juga bisa membuat warna bibir menjadi lebih merah secara alami. Untuk mendapatkan manfaat madu terhadap warna bibir merah merona, Mama hanya mengoleskan madu ke area bibir.

7. Madu dapat membuat wajah bebas dari jerawat

Ada juga manfaat madu terhadap masalah jerawat. Sebab, madu memiliki sifat antibakteri yang membantu membersihkan kotoran pada wajah. Memakai madu sebagai masker juga akan mengurangi peradangan pada jerawat.

8. Mengecilkan pori-pori wajah, kulit wajah jadi tampak mulus

Manfaat madu yang tak kalah pentingnya yaitu mampu mengecilkan pori-pori wajah. Pori-pori yang besar seringkali mengganggu karena kulit menjadi tampak kasar dan kusam. Dengan menggunakan madu, pori-pori dapat mengecil sehingga kulit wajah nampak lebih mulus.

9. Masker madu membuat rambut lebih lembut dan berkilau

Tidak hanya untuk kulit dan bibir saja, manfaat madu berikutnya juga berguna untuk menjaga kondisi rambut. Menggunakan masker dari madu akan membuat rambut lebih lembut dan berkilau.

10. Menguatkan akar rambut sehingga rambut tidak mudah rontok

Yang tak kalah pentingnya, manfaat madu juga dapat menguatkan akar rambut. Sehingga, masalah rambut rontok dapat diatasi dengan menggunakan madu. Memiliki kulit yang sehat dan cantik memang dambaan setiap perempuan. Akan tetapi, menggunakan bahan alami akan jauh lebih baik karena berdampak pada kesehatan secara menyeluruh.

Semoga pembahasan manfaat madu untuk kesehatan kulit dan kecantikan perempuan kali ini dapat membantu Mama selalu terlihat menawan di rumah ya.