Celana tartan tak lain dan tak bukan adalah celana bermotif kotak-kotak, atau dalam bahasa Inggris disebut plaid pants. Kalau kamu sering menonton atau pernah mempelajari kebudayaan Inggris, misalnya, pastinya sudah tak asing lagi dengan celana tartan yang umumnya hadir dalam nuansa kotak-kotak berwarna merah dan hitam. Selain kerap digunakan oleh para bangsawan, celana tartan juga disukai oleh sejumlah pejabat, selebriti, bahkan komunitas punk. Bisa dibilang celana tartan merepresentasikan fungsi fashion yang membaur dengan budaya dan masyarakat.

Sebenarnya, tidak sulit untuk memadukan celana tartan dan jenis outfit lainnya. Kamu bisa tampil preppy, edgy, grunge, atau bahkan kasual dengan celana ini. Yuk, simak lebih jauh on how to style with tartan pants!

1. Celana tartan dengan hoodie dan sneakers

Jangan takut berimprovisasi dengan celana tartan. Amannya, kombinasikan celana ini dengan atasan yang minim atau sama sekali tidak bermotif. Kamu bisa mengombinasikan celana tartan berwarna apa pun dengan hoodie putih atau hitam, misalnya. Kenakan pula sneakers favoritmu untuk gaya yang easy dan kasual.

2. Celana tartan dengan oversized t-shirt

Kamu juga bisa, lho, bergaya hip-hop dengan memadukan celana tartan dan oversized t-shirt. Sekali lagi ingatlah untuk memakai atasan yang minim motif dan/atau tulisan agar tidak bertabrakan.

3. Celana tartan dengan jas atau blazer

Mau tampilan yang lebih formal? Kamu bisa banget memadukan celana ini dengan blazer atau jas. Pastikan warna jasmu serasi dan selaras dengan celana tartan. Misalnya, kalau memakai celana tartan dengan unsur hijau, putih, dan kuning, kamu bisa memilih blazer berwarna kuning, atau putih, atau hijau. Wanna try?

4. Celana tartan dengan sweater dan topi kupluk

Sedang musim hujan atau cuaca lagi dingin-dinginnya? Saat yang tepat buat kamu untuk bergaya dengan celana tartan, sweater dan topi kupluk.

5. Celana tartan dan kemeja

Selain menggunakan jas atau blazer, kamu juga bisa tampil resmi atau formal dengan memadukan celana tartan dan kemeja. Lalu kamu dapat menyempurnakan penampilanmu dengan sepatu oxford, slip on shoes, atau sneakers. The choice is all yours!

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, memadukan celana tartan dengan outfit lain tidaklah sulit. Cukup kombinasikan plain top (atau setidaknya minim motif) dengan celana ini. Tapi kalau kamu memang ingin mempertegas style fashion, maka tak ada salahnya mencoba untuk memakai motif plaid dari atas sampai ke bawah.