Setiap wanita pasti menginginkan kulit yang sehat dan bersih. Tapi sayangnya, hormon, polusi, dan penyumbatan pori-pori dapat mengacaukan kondisi kulit. Lantas, bagaimana cara membuat kulit sehat dan bersih? Kuncinya adalah, Anda perlu untuk menginvestasikan waktu dan kesabaran. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini beberapa cara membuat kulit sehat dan bersih. 

1. Rutin Membersihkan Wajah

Jika Anda menginginkan kulit sehat dan bersih, Anda harus membersihkan wajah secara maksimal. Ada baiknya selalu bersihkan wajah Anda dua kali sehari, yaitu pagi dan malam hari. Selain itu, luangkan lah waktu untuk membersihkan wajah dari sisa makeup sebelum tidur, karena ini merupakan salah satu cara penting untuk membuat kulit sehat dan bersih. Jika perlu, Anda boleh menerapkan konsep double atau triple cleansing. Jadi tak sekadar mencuci dengan sabun saja. Makeup yang dibiarkan menempel di kulit Anda tentu akan menyebabkan pori-pori tersumbat, penyebab timbulnya jerawat.

2. Mengonsumsi Makanan yang Sehat dan Seimbang

Tidak hanya mengurangi berat badan, mengonsumsi makanan yang sehat dan seimbang juga dapat membantu kulit Anda lebih sehat dan bersih. Anda dapat mengonsumsi ikan salmon yang kaya akan asam lemak omega-3, vitamin E dan sumber protein yang bagus untuk meningkatkan produksi kolagen. Selain itu, kacang-kacangan dan biji-bijian juga kaya akan omega-3 dan omega-6 yang dapat menjaga agar kulit tidak menipis. Sementara sayuran seperti tomat mengandung karoten yang dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari.

3. Olahraga

Berlatih olahraga tidak hanya baik untuk kesehatan tubuh Anda tetapi juga untuk kulit Anda. Latihan kardiovaskular dapat mempercepat aliran darah, memberikan lebih banyak oksigen dan nutrisi yang berkembang di kulit, sehingga mampu menunda penuaan pada kulit. Jangan lupa untuk mandi dan mencuci wajah setelah berolahraga, jadi bakteri dan sel kulit mati tidak menyumbat pori-pori Anda.

4. Gunakan Sunscreen

Mungkin Anda sudah mendengarnya ribuan atau bahkan jutaan kali bahwa sangat penting untuk memakai sunscreen setiap hari, meski cuaca sedang mendung atau Anda berada di kantor atau mobil sekalipun. Ini karena sinar UVA mampu menembus lapisan kaca yang menyebabkan kerusakan sel pada kulit. Ketahuilah bahwa 90% kerutan pada wajah disebabkan oleh paparan sinar matahari. Oleh karena itu, selalu gunakan sunscreen yang sesuai jenis kulit dengan formula yang menawarkan perlindungan spektrum luas untuk melindungi kulit dari sinar UVA (yang menyebabkan penuaan dini) dan sinar UVB (yang menjadi salah satu penyebab utama kanker kulit)

Inilah beberapa cara membuat kulit sehat bersih yang dapat Anda lakukan.