Terlepas dari seberapa besar Anda mencintai pekerjaan Anda, penting bagi Anda untuk menjaga kesehatan Anda juga. Plus, kesuksesan Anda terkait dengan kesehatan Anda. Dengan kata lain, menjadi sehat membuat Anda produktif, kreatif, dan meningkatkan kinerja Anda.

Konon, bahkan orang yang paling sukses pun bisa kewalahan dengan hasrat dan keinginan, dan melupakan pentingnya kesehatan. Jika Anda juga bergumul dengan hal yang sama dan mencari cara untuk tetap sehat meski dengan jadwal yang padat, Pavithra N Raj, Kepala Ahli Gizi, Rumah Sakit Rujukan Columbia Asia, Yeshwanthpur, telah berbagi beberapa tip dengan kami untuk membantu Anda tetap sehat ketika jadwal Anda padat.

“Saat orang sibuk, mereka cenderung menghindari makan atau mengurangi porsi makan. Itu bisa membuat mereka merasa lemah dan lesu. Penting untuk memastikan bahwa Anda tidak menekan rasa lapar dan mendapatkan porsi makanan yang tepat yang penuh dengan bahan-bahan sehat, ”kata Ms. Pavithra seperti dilansir dari laman Pinkvilla.

Tips bagi orang sibuk agar tetap sehat

1. Bersikaplah teratur

Pastikan Anda memasukkan kebiasaan makan yang sehat dalam kehidupan sehari-hari Anda. Mulailah perlahan dan tanamkan pola makan sehat secara teratur. Ingat kebiasaan makan sehat memainkan peran penting dalam mengatur asupan kalori.

2. Makanlah dalam porsi kecil secara teratur

Alih-alih makan satu kali makan besar, pastikan Anda makan makanan kecil secara berkala. Ini membantu tubuh untuk mencatat seberapa lapar Anda dan membantu menghindari makanan tambahan.

3. Sarapan yang mengenyangkan

Sarapan yang sehat dan mengenyangkan adalah suatu keharusan jika Anda ingin hidup sehat. Lakukan dengan benar dengan memasukkan sereal, buah-buahan, milkshake, bukan minyak, dan mentega ekstra. Bahkan makanan sehat dan sederhana pun bisa dibuat enak dengan bahan yang tepat.

4. Pastikan porsi kecil

Mulailah dengan porsi kecil untuk menghindari makan berlebihan. Ingat, Anda selalu bisa makan lebih banyak jika Anda masih merasa lapar.

5. Makan perlahan

Makan lambat tidak hanya membantu mengunyah makanan dengan benar tetapi juga memungkinkan Anda menikmati rasanya. Saat kita menyantap makanan dengan kecepatan tinggi, kita cenderung makan lebih banyak tanpa menyadari rasanya. Makan dengan lambat juga membantu tubuh Anda mencerna makanan dengan lebih baik.

6. Gantilah makanan kemasan dengan makanan sehat

Setiap kali Anda makan makanan kemasan, pastikan Anda memasukkan beberapa makanan sehat seperti apel atau jeruk ke dalamnya.

7. Konsumsi buah dan sayur

Nikmatilah sayuran rebus dan buah-buahan segar sebagai bagian dari makanan Anda. Satu kotak penuh sayuran tidak hanya memastikan nutrisi, tetapi juga membantu menurunkan asupan kalori Anda.

8. Pilih protein daripada karbohidrat

Makan makanan yang tepat akan membantu Anda menyehatkan tubuh Anda. Ingatlah saat tubuh Anda lapar, ia menginginkan nutrisi bukan kalori. Kecambah rebus, kacang tanah, jagung, telur rebus, dan lainnya.

Anda dapat melakukan sejumlah aktivitas fisik selama jam kerja. Misalnya saat istirahat sebaiknya menghindari lift dan menaiki tangga, serta beberapa gerakan peregangan ringan untuk punggung dan pergelangan tangan, serta kaki.