Setiap wanita pasti mendambakan kulit sehat yang berkilau dan bercahaya. Sudah banyak sekali wanita yang telah mencari cara untuk mendapatkan kulit cantik dan mulus dengan mengaplikasikan produk kecantikan komersial yang mengandung bahan kimia dengan hasil yang instan.

Namun, cara-cara alami guna mendapatkan kulit sehat bercahaya seringkali diabaikan. Memaparkan kulit ke produk-produk perawatan kecantikan berbahan kimia memang dapat memberikan hasil yang cepat. Tetapi, pada akhirnya cara ini hanya membawa dampak buruk pada kulit. Ini dapat membuat kulit Anda menua lebih cepat dan menghilangkan kilau alami kulit.

Sebagian besar sayuran dan buah-buahan mengandung serat dan nutrisi penting yang membantu membuang racun yang memengaruhi kesehatan kulit dan rambut secara keseluruhan. Mereka juga mengandung antioksidan yang menghambat pertumbuhan dan efek radikal bebas dalam tubuh, yang bertanggung jawab untuk merusak sel-sel tubuh.

Diet bergizi tidak hanya membantu tubuh Anda tetap sehat dari dalam, tetapi juga dari luar. Apalagi konsumsi jus sayur dan buah merupakan salah satu cara paling efektif dan tercepat untuk mendapatkan kulit yang sehat.

Berikut ini adalah beberapa jenis buah yang bagus untuk kulit, yang bisa Anda jadikan jus untuk diminum setiap hari mengutip dari ndtv.com. Rasakan manfaat alami dari jenis buah ini, dan jaga kulit Anda dari paparan bahan kimia yang berbahaya dalam jangka panjang.

1. Wortel dan bit

Jenis buah yang bagus untuk kulit pertama yang pertama adalah campuran wortel dan bit. Kedua jenis buah ini adalah salah satu ramuan jus terbaik untuk membantu menyehatkan kulit secara alami.

Bit kaya akan nutrisi penting termasuk kalium, seng, zat besi, asam folat, mangan dan vitamin C, yang semuanya dikenal untuk memurnikan darah yang selanjutnya mengarah pada kulit yang bercahaya.

Wortel mengandung vitamin A yang melawan jerawat, kerutan, pigmentasi, dan warna kulit yang tidak merata. Jus yang terbuat dari wortel dan bit kaya akan serat yang memudahkan buang air besar dan ekskresi, sehingga membantu membersihkan perut Anda.

2. Mentimun

Jenis buah yang bagus untuk kulit yang kedua adalah mentimun. Meskipun mentimun mentah telah dapat memberikan keajaiban bagi kulit Anda, mentimun yang dibuat menjadi jus juga dapat membantu melembabkan kulit dari dalam, membuatnya lebih elastis dan bersinar.

Adanya asam askorbat dan asam caffeic membantu mencegah retensi air yang membuat kulit Anda terlihat bengkak.

3. Tomat

Jenis buah yang bagus untuk kulit yang ketiga adalah tomat. Tomat mengandung antioksidan konsentrasi tinggi yang membantu mengurangi tanda-tanda penuaan dini seperti kerutan dan garis halus, membuat kulit Anda terlihat lebih segar dan awet muda.

Tomat membantu mengecilkan pori-pori, menghilangkan bercak hitam, dan mengurangi sebum. Minum segelas jus tomat jelas merupakan salah satu cara terbaik untuk mendapatkan kulit yang bersih bercahaya.

4. Delima

Jenis buah yang bagus untuk kulit yang keempat adalah delima. Delima memiliki kemampuan untuk memurnikan darah, yang selanjutnya membantu menutrisi kulit Anda dan membuatnya bersinar.

Ia juga memiliki sifat anti-penuaan yang membantu dalam pembaruan sel yang mengarah ke kulit muda dan cantik.

5. Pepaya

Jenis buah yang bagus untuk kulit yang keenam adalah pepaya. Buah yang sederhana dan mudah didapat ternyata membawa beragam efek dan manfaat menguntungkan bagi kulit.

Buah pepaya mengandung enzim yang dikenal sebagai papain yang membantu membersihkan kotoran kulit dan menjadikan kulit lebih bersih dan cerah. Minumlah jus pepaya secara teratur untuk mendapatkan kulit yang lembut dan berkilau.

6. Apel

Jenis buah yang bagus untuk kulit yang keenam adalah apel. Terdapat satu pepatah yang sangat terkenal, yakni sebutir apel sehari, membuat dokter menjauh. Ya, buah ajaib ini sangat sehat untuk kulit dan kesehatan secara keseluruhan.

Apel mengandung banyak kolagen yang membuat kulit Anda menjadi lebih elastis dan bersinar. Apel juga mengandung antioksidan yang mencegah tanda-tanda penuaan dini yang meliputi kerusakan jaringan kulit dan kerutan.

7. Jahe

Jenis buah yang bagus untuk kulit yang ketujuh adalah jahe. Jahe adalah buah dari bahan dapur tradisional yang sangat baik untuk tubuh dan kulit. Karena, jahe merupakan sumber kaya kalium dan niasin yang merupakan mineral penting bagi tubuh. Jahe berkontribusi dalam menjaga kulit Anda sehat dan bercahaya. Anda bisa menambahkan lemon dan madu untuk mengonsumsi teh jahe.

8. Lidah Buaya

Lidah buaya adalah salah satu jenis tanaman yang sangat bagus untuk kulit. Jus lidah buaya adalah salah satu multi-tasker yang dapat melakukan keajaiban untuk kulit dan rambut bersama dengan manfaat untuk kesehatan secara keseluruhan.

Lidah buaya kaya akan vitamin dan mineral yang membantu menjaga kilau alami kulit Anda. Ia memiliki hormon seperti auksin dan giberelin yang dikenal sebagai penyembuh kulit.