Pemakaian Skincare untuk perawatan wajah tidak boleh sampai terlewatkan, ternyata pemakaian skincare terdapat aturannya dan tidak sembarangan berikut alasannya.

Untuk merawat wajah agar tetap sehat dan terjaga elektivitasnya jangan sampai salah lurutan, agar hasil yang terdapat di dalam produk skincare tersebut dapat bekerja dengan maksimal.

Hal penting yang perlu diketahui dalam memakai skincare dengan tekstur yang paling cair sampai ke yang paling kental. Tetapi, perlu diketahui bahwa tidak semua orang akan cocok menggunakan step pemakaian skincare di bawah ini.

Sebelumnya lebih baik untuk konsultasikan dengan dokter spesialis kulit agar mendapatkan rekomendasi produk perawatan kulit sesuai kondisi kulit beserta urutan pemakaian skincare yang tepat.

Dilansir dari sehatq.com produk perawatan kulit atau skincare adalah beberapa produk perawatan yang dapat mendukung elektivitas kulit dan kesehatan kulit. Skincare sendiri juga terdapat berbagai jenis yaitu terdiri dari pembersih wajah, pelembap, dan tabir surya.

1. Oil Cleanser

Oil cleanser untuk membersihkan sisa-sisa makeup di wajah kita, tetapi oil cleanser ini lebih cocok untuk kalian yang memiliki kulit berminyak- sensitif karena mengandung bahan minyak kelapa yang efektif untuk membersihkan makeup dan kotoran serta menjaga kelembaban wajah Anda.

Anda yang ingin menghindari kulit yang iritasi serta kemerahan saat membersihkan makeup, Dr. Debra Jaliman, dermatologist menyarankan untuk memakai oil cleanser karena formulanya yang lembut.

Namun lebih baik untuk menggunakan cara double cleansing dengan facial foam dan toner untuk memastikan kulit bersih agar tidak ada sisa makeup yang tersisa.

2. Face Cleanser

Face Cleanser berguna untuk membersihkan wajah Anda setelah beraktivitas diluar rumah untuk membersihkan sisa makeup, kotoran dan debu agar tidak tertinggal di wajah.

Menggunakan produk seperti micellar water karena kandungannya yang ringan tergolong cocok untuk semua jenis kulit dengan memiliki bahan dasar 90% air ini minim dari iritasi pada wajah.

3. Toner

Toner yang berguna sebagai menenangkan, menghaluskan serta menutrisi kulit wajah. Perawatan wajah juga dapat menggunakan Hydrating toner atau Toner treatment ( toner dengan AHA/BHA).

AHA (Alpha Hydroxy Acid) yang berfungsi efektif untuk pengelupasan sel kulit mati pada wajah atau biasa disebut dengan exfoliating, sedangkan BHA hanya bekerja pada di lapisan terluar pada permukaan kulit wajah saja.

4. Essence untuk Kelembaban Extra

Berguna untuk  membantu produk perawatan kulit setelahnya meresap lebih optimal agar hasilnya lebih baik, serta melembapkan kulit wajah.

Essence juga memiliki tekstur yang lebih cair dari toner, essence dan serum wajah sebenarnya memiliki fungsi yang sama, yaitu berfungsi melembapkan dan menghaluskan kulit wajah Anda.

5. Serum

Serum yang berguna dengan memiliki manfaat untuk wajah seperti mengencangkan struktur kulit wajah, melembabkan kulit, menyamarkan kerutan serta menghaluskan dan mencegah penuaan dini.

Melansir dari hellosehat.com jika memiliki masalah kulit yang benar-benar ingin untuk diperbaiki, seperti memiliki noda hitam akibat dari penuaan dini dengan menggunakan serum akan membantu dalam meningkatkan penampilan kulit wajah Anda. Selain itu, jika kulit Anda sangat berminyak, serum juga dapat memberikan kelembaban tanpa harus memakai pelembab lagi.

6. Sheetmask

Sheetmask cukup digunakan hanya 1 kali saja pada wajah Anda. Lembaran dari sheetmask tersebut memiliki berbagai manfaat beberapa kandungan vitamin, serum, atau mineral yang baik untuk kesehatan pada wajah Anda. Minimal dalam penggunaan sheetmask ini 2x dalam seminggu agar tetap optimal.

Tidak dianjurkan pula untuk menggunakan sheetmask lebih dari 20 menit, karena kelembaban kulit akan menghilang.