Salah satu penunjang penampilan perempuan adalah aksesoris perhiasan yang menempel pada tubuhnya. Aksesori itu dapat berupa cincin, kalung, gelang, bahkan anting. Terbuat dari berbagai macam bahan seperti batu alam, plastik, perak dan silver. Namun sayangnya, karena bukan terbuat dari emas, biasanya aksesoris ini mudah menghitam dan menjadi kusam.

Inilah yang juga selalu jadi permasalahan banyak perempuan ketika mereka memiliki banyak koleksi aksesori namun tidak bisa dipakai karena aksesoris perhiasan tersebut mulai menghitam dan kusam. Aksesori perhiasan yang mulai menghitam dan kusam juga pasti tidak nyaman untuk dipakai dan juga tidak indah dilihat.

Bahkan kulit bisa mengalami iritasi seperti, gatal-gatal ketika memakai aksesori yang mulai menghitam dan kusam. Namun, membuangnya pun sayang. Jika sudah begitu, maka kamu harus tahu bagaimana cara untuk mengatasi aksesori yang mulai menghitam dan kusam.

Berikut informasi 5 tips mudah membersihkan aksesori yang kusam dan menghitam. Simak semua caranya agar kamu bisa membersihkan aksesori favoritmu yang mulai meghitam dan kusam di rumah tanpa ribet.

Menggunakan Alat Perkakas

Tips mudah membersihkan aksesori yang menghitam dan kusam pertama adalah dengan mengunakan alat perkakas yang tajam dan runcing. Bisa jadi aksesori yang kamu punya itu menjadi kusam karena terdapat kotoran di sudut mati seperti bagian dalam cincin, lubang-lubang pada kalung, dan titik mati lainnya.

Untuk mengangkat dan membersihkan kotoran tersebut dari aksesori maka kamu bisa menggunakan alat perkakak seperti, obeng dan jarum. Benda-benda perkakas tersebut mampu menjangkau bagian-bagian kecil pada aksesori yang sulit dijangkau oleh tangan kita. Maka dari itu, sediakan selalu alat perkakas mini untuk berjaga-jaga ketika aksesori yang kamu miliki harus dibersihkan.

Menggunakan Sikat Gigi

Kedua, tips mudah membersihkan aksesori yang menghitam dan kusam selanjutnya ialah dengan menggunakan sikat gigi. Selain membersihkan gigi, sikat gigi juga merupakan alat yang paling sering digunakan untuk membersihkan aksesori yang menghitam, mulai dari cincin emas, gelang perak, hingga kalung imitasi.

Hal ini karena bulu sintetis yang ada pada sikat gigi dapat menjangkau lembut permukaan aksesori sehingga lebih mudah dibersihkan. Namun, usahakan sikat gigi yang kamu pakai adalah sikat gigi baru bukan sikat gigi bekas. Jika menggunakan sikat gigi bekas, dikhawatirkan kuman dari sikat gigi bekas malah berpindah ke aksesori Anda.

Menggunakan Buah Lemon

Selanjutnya, tips mudah membersihkan aksesori yang mulai menghitam dan kusam berikutnya ialah dengan memanfaatkan air buah lemon. Buah yang rasanya asam ini sangat direkomendasikan untuk membersihkan aksesori, terutama perhiasan imitasi.

Lemon berguna untuk membersihkan lapisan oksida yang terbentuk pada permukaan logam. Caranya juga sangat mudah, kamu hanya perlu menggosok aksesori menggunakan potongan buah lemon secara langsung untuk melakukannya.

Untuk hasil yang lebih maksimal, kamu juga bisa menambahkan garam atau soda kue. Adapun alternatif cara lain yang bisa kamu coba yakni, pertama kamu herus memeras lemon tersebut, lalu gunakan kain atau sabut cuci piring untuk mencuci aksesori dengan perasan lemon tadi. Selain lemon, kamu juga bisa menggunakan cuka dan air untuk membersihkan aksesori.

Menggunakan Baking Soda

Keempat, tips mudah membersihkan aksesori yang mulai menghitam dan kusam adalah dengan memanfaatkan baking soda. Baking soda ternyata tidak hanya berguna dalam urusan tata boga, namun juga bisa dimanfaatkan untuk membuat aksesori favoritmu kembali seperti baru.

Cara membersihkan dengan baking soda cukup mudah. Untuk aksesori silver, pertama basahi kain lalu peras. Setelah itu, usapkan kain pada baking soda. Jika sudah, gosokkan ke aksesorismu. Sementara untuk aksesori emas asli, kamu hanya perlu menaburkan baking soda pada aksesori, lalu lap perlahan-lahan. Diamkan selama beberapa menit sebelum dibilas.

Menggunakan Alkohol

Terakhir, cara membersihkan aksesori yang menghitam dan kusam yakni dengan menggunakan alkohol gosok. Kamu dapat membeli alkohol gosok ini di apotik, supermarket, atau melalui belanja online.

Caranya membersihkannya juga cukup mudah, kamu hanya perlu merendam aksesori yang ingin dibersihkan di dalam mangkuk berisi alkohol gosok selama 30 menit. Jika sudah, angkat aksesori lalu usapkan sisa alkohol. Biarkan aksesori kering dengan sendirinya, jika sudah lewat dari 15 menit, cek kembali apakah aksesorismu masih ada nodanya atau tidak. Jika masih ada, lap noda tersebut menggunakan tisu kering.