Aksesoris selalu berhasil mempermanis dan menyempurnakan penampilan. Pernak-pernik yang kita kenakan bisa menambah nilai estetika penampilan kita. Mulai dari anting, cincin, gelang, kalung, bros, jepit rambut, dan sebagainya.

Permasalahan yang sering kita hadapi saat menyimpan aksesoris adalah benda-benda tersebut rentan hilang. Biasanya karena ukurannya yang kecil seperti anting-anting, benda tersebut bisa membuat kita sering lupa menaruhnya di mana. Nah, biar semua aksesoris kesayanganmu terawat dengan baik dan tidak mudah hilang, berikut cara-cara mudah yang bisa dicoba untuk merapikan koleksi aksesorismu.

1. Kelompokkan Setiap Jenis Aksesoris

Jangan biasakan menumpuk dan menaruh semua koleksi aksesoris pada satu tempat atau satu wadah saja. Kelompokkan sesuai jenisnya. Koleksi cincin, gelang, kalung, dan anting bisa tergabung dalam satu kelompok dan ditempatkan dalam satu kotak perhiasan khusus. Atau kalau kamu punya koleksi tertentu yang jumlahnya lebih banyak daripada jenis aksesories yang lain, seperti koleksi anting yang beragam, kamu bisa siapkan tempat khusus untuk koleksi tersebut dan tidak tercampur dengan koleksi yang lain.

2. Pastikan Setiap Kelompok Aksesoris Punya “Rumah” Sendiri

Setelah semua jenis aksesoris dipisah-pisahkan, kini saatnya untuk menyiapkan wadah atau tempat khusus untuk setiap jenis tersebut. Sesuaikan dengan karakter masing-masing kelompok aksesoris. Misalnya, untuk koleksi kalung non logam mulia, kamu bisa menyiapkan tempat khusus untuk menggantung semua kalungmu. Sebab bila ditaruh di dalam kotak dan tercampur semua, khawatirnya nanti talinya akan saling berkait dan bisa membuatnya rusak. Untuk benda-benda kecil yang sering dipakai seperti ikat rambut dan peniti, siapkan juga kotak khusus atau tempat khusus untuk menaruhnya yang mudah dijangkau supaya tidak membuat kita bingung saat mencari dan menatanya.

3. Beri Label pada Setiap Tempat Penyimpanan Tertutup

Kalau kamu tipe orang yang pelupa, coba labeli setiap kotak atau tempat penyimpanan aksesoris dengan jenis aksesoris yang ada di dalamnya. Percantik labelnya untuk mempermanis tampilannya. Kadang yang membuat kita kesulitan menjaga kerapian koleksi aksesoris kita adalah karena kita sering lupa menaruh setiap aksesoris yang kita punya.

4. Simpan di Satu Meja Rias atau Laci

“Dedikasikan” satu tempat untuk semua aksesorismu. Bisa menggunakan satu meja khusus untuk menyimpan semua koleksi aksesoris. Meja rias biasanya yang paling umum digunakan untuk menyimpan ragam aksesoris. Jika tak ada meja rias, bisa gunakan laci, meja biasa, atau lemari kecil untuk menyimpan semuanya. Selain memudahkanmua untuk menyimpan dan menaruh kembali semua aksesoris yang dipakai, dengan cara ini kamu akan merasa lebih mudah saat harus membersihkannya atau merapikannya setiap waktu.

Bagaimana? Tidak sulit kan untuk merapikan koleksi aksesoris? Yang paling penting lagi adalah selalu pastikan semua aksesoris yang sudah dipakai dikembalikan lagi ke tempat semula. Dengan begitu, risiko aksesoris gampang hilang akan semakin kecil terjadi.