Menjadi cantik merupakan keinginan bagi setiap wanita. Mungkin sebagian orang akan menghabiskan banyak waktu di cermin untuk mengoleskan berbagai produk dan berusaha meningkatkan penampilan. Ya, make up memang menjadi cara menyenangkan bagi wanita untuk mengekspresikan bentuk cantik menurut mereka.

Namun, sebenarnya semua orang bisa terlihat cantik tanpa menggunakan banyak produk kecantikan. Dengan terbiasa tampil polos dan alami justru akan lebih meningkatkan kepercayaan diri dan menunjukkan kecantikan asli dan alami dari dalam diri.

Kunci dalam menjaga kecantikan alami, ada pada makanan dan seberapa baik menjaga tubuh. Anda perlu memperhatikan faktor-faktor seperti menu makanan dan juga kebiasaan-kebiasaan. Karena, gaya hidup merupakan perawatan tubuh yang sesungguhnya.

Pola hidup yang sehat tidak hanya tercermin dari kesehatan fisik, namun juga penampilan secara keseluruhan. Berikut ini, kami rangkum dari Stylecraze, beberapa tips cara menjadi cantik tanpa make up yang bisa dengan mudah diikuti dan dipraktikkan:

Konsumsi Makanan Bergizi

Cara menjadi cantik yang pertama adalah dengan memperhatikan makanan yang Anda konsumsi. Makanan bergizi adalah cara yang paling mudah untuk mendapatkan kulit yang sehat. Pastikan menambahkan buah dan sayuran ke dalam asupan harian.

Makanan yang kaya akan asam lemak Omega-3 seperti biji rami, kenari, dan makanan yang diperkaya vitamin seperti jeruk, ubi, dan labu bisa menjadi solusi cantik. Kemudian jangan lupa untuk mengonsumsi makanan yang tinggi protein seperti telur, ayam, kacang merah, lentil, buncis dan keju cottage.

Dengan makanan yang sehat akan membuat tubuh tetap bersinar dan sehat dari dalam dengan memberikan tubuh semua nutrisi yang dibutuhkannya.

Minum Banyak Air

Cara menjadi cantik yang kedua adalah dengan minum air yang banyak. Setiap sistem dan fungsi dalam tubuh kita bergantung pada air. Selalu bawa sebotol air ke manapun pergi dan jaga tubuh agar tetap terhidrasi sepanjang hari.

Minum minimal 8 gelas atau lebih air dapat membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh, dan karenanya kulit terlihat lebih padat dan lebih hidup. Cara ini juga akan membantu mencegah keriput.

Cara terbaik untuk mengonsumsi air adalah mengisi botol dengan mentimun, lemon, zucchinis, daun mint, atau sayuran berwarna cerah lainnya dan membuat air detoksifikasi untuk diminum saat bepergian. Cara ini akan memberi tubuh nutrisi serta membuat tubuh tetap terhidrasi.

Dapatkan Kualitas Tidur yang Baik

Cara menjadi cantik yang ketiga yaitu dengan mendapatkan waktu dan kualitas tidur yang baik. Tidur yang baik akan memberikan efek pada kesehatan dan juga penampilan. Aktivitas ini penting karena tubuh akan memperbaiki dirinya sendiri ketika tidur.

Dengan mendapatkan waktu dan kualitas tidur yang baik,  akan memiliki kulit bercahaya, menghindari munculnya lingkaran hitam di bawah mata, dan memperlambat proses penuaan pada kulit. Kulit juga akan memproduksi kolagen baru ketika tidur.

Perhatikan Produk Perawatan

Cara menjadi cantik yang keempat yaitu dengan memperhatikan bahan-bahan untuk perawatan tubuh. Sama seperti apa yang Anda masukkan ke dalam tubuh, apa yang dioleskan di permukaan kulit juga akan berpengaruh.

Kulit menyerap 60 persen dari barang-barang yang dipakai, jadi pastikan untuk memperhatikan bahan-bahan yang ada di dalam produk perawatan kulit, perawatan rambut, dan produk kecantikan.

Hindari produk yang mengandung paraben, petrokimia, dan sulfat yang dapat menyebabkan iritasi pada kulit atau membuat rambut kering dan keriting. Cara terbaik adalah tetap berpegang pada produk yang mengandung bahan-bahan alami.

Jangan Lupa Olahraga

Cara menjadi cantik yang kelima adalah dengan berolahraga. Aktivitas fisik sangat penting, baik untuk kesehatan fisik maupun mental. Lakukan sesuatu seperti gym, berlari, yoga atau berenang.

Secara ilmiah, olahraga terbukti bermanfaat bagi kulit dan juga dapat meningkatkan mood. Lakukan aktivitas fisik minimal tiga jam per minggu untuk meningkatkan kesehatan.

Olahraga akan membantu meningkatkan sirkulasi darah, menghilangkan racun, meningkatkan jumlah oksigen yang dikirimkan ke kulit, memberikan dorongan endorfin yang mengurangi stres, dan menenangkan seluruh bagian tubuh, termasuk kulit.

Pengelupasan Kulit

Cara menjadi cantik yang ke enam adalah proses pengelupasan kulit. Jadikan pengelupasan kulit sebagai bagian penting dari perawatan kulit. Proses ini memang merupakan kunci untuk mendapatkan kulit yang bersinar.

Kulit selalu mengeluarkan sel-sel mati dari permukaan kulit yang membantu memperbarui dirinya dengan sel-sel segar dan sehat. Anda bisa membantu proses alami ini dengan menggunakan exfoliator ringan.

Kelebihan sel-sel mati di permukaan kulit dapat menyebabkan pori-pori tersumbat, komedo, dan jerawat. Pilihlah scrub yang lembut atau buat scrub alami sendiri di rumah dengan menggunakan bahan-bahan seperti tepung gram atau kopi. Pertahankan eksfoliasi hingga maksimal dua kali seminggu. Anda akan melihat peningkatan yang terlihat dalam kesehatan kulit, berupa kulit yang lebih segar dan halus.

Kelola Stres

Cara menjadi cantik yang ketujuh yaitu dengan mengelola stres. Dalam gaya hidup modern saat ini, kita mungkin memiliki aktivitas dan jadwal gila sehingga stres dapat muncul secara alami. Stres yang tidak terkendali dapat menyebabkan masalah seperti sakit kepala dan hipertensi. Stres juga akan berpengaruh pada penampilan, yang menyebabkan jerawat, rambut rontok dan rambut beruban.

Anda mungkin tidak akan bisa sepenuhnya menghindari penyebab stres seperti tagihan, pekerjaan, masalah hidup, dan semua tekanan yang menyertainya. Namun, bisa menemukan cara untuk mengelolanya. Bermeditasi, minum secangkir teh panas yang enak, mendengarkan musik, atau meluangkan waktu untuk apa pun yang disukai bisa menjadi pereda stres yang baik untuk Anda, dan juga penampilan.

Jaga Postur Tubuh yang Baik

Cara menjadi cantik yang ke delapan yaitu dengan menjaga postur tubuh yang baik. Menjaga postur yang tepat tidak hanya akan memudahkan dalam bekerja lebih efisien dan menghindari ketegangan pada tulang belakang, otot, dan ligamen, tetapi juga berpengaruh pada penampilan di sekitar orang lain.

Postur yang buruk, seperti membungkuk, dapat membuat terlihat jauh lebih tua. Selain itu, postur yang tidak tepat juga akan merusak punggung dan berdampak buruk pada tingkat energi. Selalu perhatikan bagaimana cara duduk, berjalan, dan bergerak karena ini benar-benar penting, bahkan ketika bertambah tua.

Masker Wajah

Cara menjadi cantik yang berikutnya yaitu dengan menggunakan masker wajah. Memanjakan kulit wajah dengan menggunakan masker pada malam hari merupakan cara yang mudah dan santai untuk perawatan wajah.

Anda bisa membuat masker wajah ini dengan bahan-bahan alami yang ada di dapur. Dengan menggunakan masker secara rutin dapat membantu kulit untuk mendapatkan perawatan dan perhatian ekstra, sehingga membantu meremajakan dan menjadikannya berenergi.

Berdasarkan jenis kulit, siapkan masker yang sesuai dengan kebutuhan. Anda dapat menggunakan bahan-bahan seperti madu, lidah buaya, tepung gram, yogurt, oatmeal, dan buah-buahan, karena ini adalah beberapa pilihan yang sangat populer untuk masker buatan sendiri.

Manjakan Rambut

Rambut lembut dan berkilau adalah tanda rambut sehat. Sangat penting untuk merawat rambut dengan memberikan nutrisi pada rambut. Anda bisa melakukannya dengan meminyaki rambut dengan minyak kelapa, minyak zaitun, atau minyak almond setidaknya seminggu sekali.

Perawatan spa rambut juga bisa membantu karena meminyaki saja tidak memberikan cukup nutrisi. Gunakan produk rambut yang bebas dari sulfat dan bahan kimia berbahaya lainnya. Hindari menggunakan suhu panas pada rambut dan biarkan rambut dalam keadaan alami sesering mungkin tanpa perlu menggunakan alat penata rambut lainnya.

Jaga Senyum dengan Gigi Sehat

Kunjungi dokter gigi setiap enam bulan sekali dan jalani rutinitas seperti menyikat gigi setidaknya dua kali sehari dengan pasta gigi berfluoride yang baik. Floss setiap hari, gunakan obat kumur dan jaga senyum terlihat sehat dan bersih.

Pilih sikat gigi yang tepat dan gosok gigi dengan cara yang benar, yaitu naik dan turun dengan gerakan memutar kecil. Senyum yang luar biasa memberikan begitu banyak keuntungan dan juga meningkatkan kepercayaan diri.

Perlakukan Jerawat dengan Baik

Jerawat adalah kondisi yang alami, dan setiap orang pasti akan mendapatkan cobaan ini. Namun, tidak perlu khawatir. Yang harus diingat adalah, jangan, dalam keadaan apa pun, menyentuh jerawat atau mencoba memerasnya, karena itu hanya akan memperburuk situasi.

Anda bisa mengoleskan sedikit minyak pohon teh pada jerawat dan bersabarlah sampai jerawat kering. Anda juga bisa menggunakan retinol atau benzoil peroksida untuk menghilangkannya. Gunakan pembersih wajah dengan persentase asam salisilat, dan dapat menghindari jerawat sampai batas waktu tertentu.

Segera Jauhi Junk Food

Berhenti total pada makanan cepat saji seperti burger, kentang goreng, soda, dan makanan manis lainnya yang digoreng, akan membuat perbedaan besar dalam kesehatan dan penampilan secara keseluruhan.

Selain itu hindari juga konsumsi gula berlebih, alkohol, dan rokok, karena mereka tidak hanya berbahaya bagi organ vital, tetapi ini juga bisa menyebabkan masalah lain yang jelas akan terlihat dalam penampilan.