Susu kedelai adalah salah satu varian susu yang banyak digemari oleh masyarakat. Sesuai namanya, susu ini terbuat dari sari kedelai, bukan dari susu sapi yang diberi perisa kedelai. Susu kedelai sering dijadikan alternatif penambah nutrisi untuk beberapa orang yang alergi dengan susu sapi.

Selain itu, susu kedelai juga biasanya dikonsumsi oleh orang-orang yang sedang diet. Hal ini dikarenakan susu kedelai secara alami bebas kolesterol, rendah lemak jenuh, dan juga tidak mengandung laktosa. Susu kedelai mengandung beberapa vitamin dan mineral penting. Minuman ini bisa menjadi sumber nutrisi yang baik seperti serat, magnesium, fosfor, potasium, dan protein.

Penelitian menyebutkan wanita yang meminum susu kedelai setiap hari memiliki risiko osteoporosis 56% lebih rendah dibandingkan dengan wanita yang tidak meminumnya. Namun tahukah kamu bahwa susu kedelai tak hanya bagus untuk menjaga kesehatan namun juga dapat menjaga kecantikan pada wanita?

Dalam susu kedelai banyak vitamin yang akan kamu dapat, di antaranya vitamin A, B1, B2, B12, E, dan K. Susu kedelai baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan kulit. Kedelai dikaitkan dengan pengurangan efek penuaan kulit yang terlihat, baik saat dikonsumsi sebagai bagian dari diet sehat, maupun saat digunakan sebagai bahan pelembab dalam produk perawatan kulit. Susu kedelai mengandung antioksidan yang bermanfaat untuk mengurangi photoaging pada kulit akibat paparan sinar matahari.

Susu kedelai sangat efektif untuk mempercantik, menghaluskan kulit, mengurangi kerutan. Penelitian telah menunjukkan bahwa susu kedelai kaya akan asam amino, vitamin A, E, PP, B12 dan isoflavon. Selain sebagai minuman sehari-hari, jika kamu ingin memiliki kulit cantik dan putih tanpa noda dan bercahaya, jangan lupa untuk menggunakannya untuk merawat kecantikanmu. Berikut 10 manfaat susu kedelai untuk kecantikan, brilio.net rangkum dari healthy24h.com dan sumber lainnya pada Sabtu (10/10).

1. Mencerahkan kulit.

Susu kedelai menyediakan serangkaian vitamin dan mineral yang penting untuk regenerasi, menghambat pigmentasi melanin, meningkatkan efek warna yang tidak merata, dan membuat kulit menjadi putih cerah.

Setiap sore, setelah mencuci muka, ambil lah handuk yang lembut dan tipis, dan basahi dengan susu kedelai. Selanjutnya tempelkan handuk tersebut pada wajah dan biarkan selama 20 menit kemudian bilas. Lakukan ini setiap hari maka kamu akan mendapatkan warna kulit yang cerah.

2. Mencegah penuaan.

Kandungan vitamin A, E, PP, B12 dan isoflavon pada susu kedelai, selain dapat memutihkan kulit, sangat efektif juga dalam mencegah penuaan, dan menjaga kesegaran kulit lebih lama.

Pada sore hari sebelum tidur, dan pagi hari setelah bangun tidur, kamu dapat membersihkan muka dengan air dan susu kedelai. Lalukan ini sambil memijat-mijat wajah dengan lembut selama 3 menit lalu kemudian bilas kembali dengan air bersih.

3. Mengurangi kerutan.

Susu kedelai akan membantu kulit menjadi halus, dengan mengatasi kerutan berlebih akibat tanda penuaan. Hal ini dikarenakan esensi susu kedelai yang baik merangsang produksi sel baru, meningkatkan kolagen dan meregenerasi sel yang rusak, sekaligus memberikan kelembapan dan menutrisi sel-sel kulit.

Untuk menghilangkan kerutan dengan susu kedelai, pertama-tama campurkan 3 sdm susu kedelai dan 1 sdm minyak zaitun, dan 1 sdm madu. Kemudian, basuh wajah hingga bersih dan oleskan campuran tersebut dengan lembut ke seluruh wajah, pijat, dan tepuk-tepuk dengan lembut agar nutrisi dapat meresap ke dalam kulit. Lakukan hal tersebut sebanyak 3 kali seminggu selama 15 menit untuk mendapatkan hasil terbaik.

4. Melembapkan kulit.

Manfaat susu kedelai untuk kecantikan yang pertama adalah melembapkan kulit. Dari dalam, susu kedelai mampu membuat tubuh tidak mudah dehidrasi yang jadi pemicu kulit kering, serta mengurangi minyak berlebih di wajah.

5. Memperkilau rambut.

SUsu kedelai mengandung banyak sekali nutrisi, mulai dari protein, kalsium, zat besi, kalsium, serta vitamin B. Semua manfaat susu kedelai ini sangat baik untuk rambut. Semua nutrisi di atas tadi juga cocok untuk rambutmu yang rontok karena asupan protein, kalsium, zat besi, dan vitamin B sangat tepat dikonsumsi mereka yang rambutnya rontok.

6. Menghilangkan flek hitam.

Dalam susu kedelai mengandung vitamin B kompleks yang diyakini akan mengatasi masalah flek hitam. Flek hitam pasti akan sangat mengganggu penampilan kulit wajahmu. Flek hitam ini biasanya muncul karena paparan sinar matahari.

7. Membuat kulit glowing.

Selain melembapkan, susu kedelai juga mengandung antioksidan yang dapat membuat kulitmu tampak glowing atau bercahaya. Susu kedelai mampu membersihkan tubuhmu dari radikal bebas akibat paparan sinar matahari, polusi, dan lain-lain.

Mengutip dari laman Organic Facts, efek antioksidan dari kandungan isoflavon pada susu kedelai kemungkinan bermanfaat dalam melawan beberapa penyakit kronis akibat kerusakan dan stres oksidatif. Efek antioksidan dari kandungan isoflavon pada susu kedelai kemungkinan bermanfaat dalam melawan beberapa penyakit kronis akibat kerusakan dan stres oksidatif. Tubuhmu yang sehat dan bebas dari penyakit akan semakin memberikan efek segar dan cerah pada kulitmu.

8. Mengatasi kulit kusam dan berminyak.

Dengan kandungan vintamin C, susu kedelai akan membantu untuk mencerahkan kulit. Kandungan vitamin E di dalamnya juga membantu melindungi kulit dari sinar UV dan mendorong produksi kolagen secara alami pada kulit.

Untuk menghilangkan kekusaman pada kulit dan mengurangi minyak berlebih pada kulit, kamu dapat mencampurkan susu kedelai dengan air jeruk nipis untuk toner alami.

9. Dapat mengeksfoliasi kulit.

Manfaat selanjutnya, susu kedelai dapat dijadikan sebagai bahan eksfoliasi atau pengelupasan sel kulit mati secara alami. Kamu dapat mencampurkan gula pasir, dan minyak zaitun ke dalam susu kedelai dan oleskan pada wajah, kemudian bilas dengan air bersih. Lakukan perawatan ini seminggu sekali, karena jika dilakukan terlalu sering akan membuat kulit menjadi tipis dan mudah muncul jerawat.

10. Menurunkan berat badan.

Bagi wanita, berat badan dapat mempengaruhi bentuk tubuh seseorang. Untuk itu banyak wanita yang menginginkan berat badan yang ideal dengan tubuh yang nampak langsing. Karena jumlah kalori yang lebih kecil jika dibandingkan dengan susu sapi, susu kedelai sangat cocok untuk dijadikan sebagai minuman diet. Hal ini dikarenakan asam lemak tak jenuh tunggal yang terkandung di dalam susu ini, dapat mencegah penyerapan lemak yang kemudian akan menjaga berat badan tetap ideal.