Kopi selama ini dikenal sebagai minuman favorit banyak orang. Di balik nikmatnya minuman ini, ternyata kopi juga menyimpan sederet potensi manfaat untuk wajah.

Kandungan beragam antioksidan di dalam kopi dipercaya membuat bahan alami ini berkhasiat untuk mengatasi beragam masalah kulit. Untuk wajah, kopi bisa digunakan sebagai masker, scrub, atau produk olesan yang diaplikasikan langsung ke kulit.

Berikut beberapa potensi manfaat masker kopi untuk wajah:

Menenangkan wajah

Melansir Healthline, kopi selama ini dikenal memiliki efek menstimulasi tubuh saat diminum. Namun, penelitian menunjukkan temuan sebaliknya. Kopi ternyata mempunyai manfaat menenangkan saat dioleskan ke kulit. Efek menenangkan ini tak lepas dari peran senyawa antioksidan dalam kopi.

Ada banyak cara pakai masker kopi untuk relaksasi di rumah. Cara yang cukup praktis yakni campurkan bubuk kopi dengan minyak zaitun atau bahan lain yang tidak menyumbat pori. Gunakan perbandingan satu banding satu. Lalu oleskan ke wajah dengan gerakan melingkar. Biarkan masker meresap ke kulit, tunggu sekitar 15 sampai 60 menit. Baru bilas dengan air hangat. Gunakan setidaknya dua kali seminggu. Baca juga: Cara Mengecilkan Pori-pori di Wajah

Melawan penuaan

Selain bisa membuat wajah lebih rileks, manfaat masker kopi untuk wajah lainnya adalah mencegah penuaan dini. Mengoleskan masker kopi atau pasta kopi ke kulit bisa mengurangi bintik hitam di wajah, kemerahan, dan garis halus. Apabila tidak ditangani, ketiganyanya bisa memicu penuaan dini. Dilansir dari Verywell Health, efek antipenuaan dari masker kopi juga diperoleh dari kandungan antiokidan zat alami ini.

Antioksidan dapat melindungi kulit dari radikal bebas yang bisa memicu munculnya tanda-tanda penuaan. Beberapa penelitian juga menunjukkan, minyak yang terkandung dalam kopi memiliki efek yang sama dengan bahan perawatan antipenuaan asam hialuronat. Minyak dari biji kopi dapat meningkatkan kolagen dan elastin, sehingga kulit tampak lebih kencang.

Mencegah kanker kulit

Selain antioksidan, kopi juga diperkaya dengan vitamin B3 (niacin). Senyawa ini diperoleh dari pemecahan senyawa trigonelline. Senyawa trigonelline bisa terurai menjadi niacin setelah biji kopi dipanggang. Menurut Skin Cancer Foundation, niacin dapat membantu mencegah kanker kulit nonmelanoma.

Mengurangi peradangan

Manfaat masker kopi yang sayang dilewatkan lainnya yakni mengurangi peradangan. Efek antiperadangan dari kopi berasal dari kandungan senyawa chlorogenic acid (CGA) serta melanoidin. Sebagai informasi, CGA dapat mengurangi hiperpigmentasi yang terkait dengan peradangan. Baca juga: Masker Teh Hijau untuk Jerawat: Manfaat dan Cara Menggunakannya

Membantu menghilangkan jerawat

 Selain mengurangi peradangan, kandungan CGA juga membuat manfaat masker kopi bisa membantu menghilangkan jerawat. CGA dalam kopi memiliki sifat antiperadangan sekaligus antibakteri. Apabila masker kopi digunakan bersama dengan dengan obat jerawat lainnya, kombinasi bahan tersebut dipercaya bisa mengurangi jerawat lebih efektif.

Hal yang perlu diingat, tidak semua jenis jerawat disebabkan bakteri. Ada juga yang dipicu masalah hormon. Dengan begitu, tidak semua jerawat bisa diatasi dengan masker kopi. Selain itu, hindari menggunakan masker kopi sebagai scrub untuk kulit yang jerawatan. Scrub dari ampas kopi dapat mengiritasi jerawat yang sudah meradang

Membantu menghilangkan mata panda

Cara menghilangkan mata panda secara alami bisa menggunakan masker kopi. Kandungan kafein dalam kopi dapat membantu melebarkan pembuluh darah biang lingkaran hitam membandel di bawah mata (mata panda). Cara pakai masker kopi untuk mata panda cukup mudah. Anda cukup mencampurkan setengah sendok teh bubuk kopi dan minyak zaitun. Tambahkan beberapa tetes air untuk membuat campuran tersebut mengental dan membentuk pasta.

 Setelah itu, gunakan masker kopi tepat di bawah mata. Jangan digosokkan, cukup dioleskan secara lembut di area yang sensitif tersebut. Biarkan masker kopi meresap selama lima hingga sepuluh menit. Setelah itu, baru bilas dengan air sampai bersih. Baca juga: 5 Manfaat Masker Tomat, Atasi Jerawat sampai Angkat Sel Kulit Mati

Mengatasi kulit yang terbakar sinar

Manfaat masker kopi untuk wajah lainnya yakni membantu mengatasi kulit yang terbakar matahari. Menggunakan masker kopi setelah terpapar sengatan matahari bisa memberikan efek menenangkan. Cara pakai masker kopi untuk kulit yang terbakar matahari cukup mudah. Seduh bubuk kopi dengan sedikit air, tunggu sampai dingin.

Setelah itu, celupkan tisu atau kain bersih ke dalam seduhan kopi untuk membuat sheet mask. Setelah itu, peras sisa kelebihan air dan gunakan sheet mask dari kopi tersebut ke wajah. Penggunaan masker kopi untuk wajah umumnya aman. Namun, Anda tetap perlu waspada dan menghentikan pemakaian jika muncul tanda-tanda iritasi seperti kulit kemerahan atau gatal.