Kulit merupakan salah satu anggota tubuh yang sensitif terhadap perubahan cuaca. Ketika cuaca panas, kulit akan cenderung mengalami pengerutan serta mudah terbakar.

Sedangkan pada cuaca dingin, kulit cenderung menjadi lebih kering, bersisik, dan kehilangan kelembabannya. Maka penting untuk merawat kulit juga memperhatikan perubahan cuaca, agar kulit tetap sehat dan cerah alami.

Berikut dikutip dari buku ‘Tips dan Trik Cantik Alami Tanpa Risiko’ dari dokter Aiman Al Husaini, cetakan September 2008,  di antaranya tips merawat kulit pada musim dingin.

1. Untuk jenis kulit kering, sebaiknya hindari pembersih wajah berjenis sabun, karena akan memberikan efek lebih mengeringkan kulit. Untuk jenis kulit berminyak dan normal masih bisa disesuaikan.

Lalu dianjurkan menggunakan pembersih berbahan yang lebih ringan seperti losion, krim atau susu pembersih kulit. Namun jika tetap ingin menggunakan sabun wajah, pilihlah sabun ringan yang mengandung banyak gliserin atau minyak zaitun.

Selain itu, hindari membersihkan wajah menggunakan air hangat atau panas, karena akan membuat kulit semakin kering, terutama untuk jenis kulit yang memang kering, ditambah cuaca dingin maka akan semakin kering.

2. Gunakan skincare pelembab kulit, karena akan merawat kelembaban kulit apalagi di cuaca dingin yang biasanya memicu kulit untuk lebih kering.

3. Selain memilih kandungan pelembab yang lebih banyak ada dalam skincare, penting juga untuk menggunakan pelembab bibir, karena bibir tidak memiliki kelenjar sebasaea, sehingga akan lebih mudah kering dan pecah-pecah saat udara dingin.

4. Jangan gunakan skincare maupun kosmetik, yang memiliki kandungan alkohol atau bahan yang mendorong penciutan misalnya lemon.

5. Gunakan masker wajah sebanyak dua kali seminggu, selain itu pada cuaca dingin dianjurkan menggunakan masker wajah berbahan madu, minyak, almond, yoghurt, dan susu.

6. Ketika cuaca sangat dingin, bisa memasak air sampai mendidih yang digunakan untuk uap air agar menyebar ke kamar atau ruangan.

Hal itu dimaksudkan untuk mencegah kekeringan udara dan menjadikannya lembab. Lalu bisa diperbaharui udara di kamar atau ruangan secara rutin, agar lebih sehat.

7. Usahakan jangan membasuh wajah dan mandi sebelum keluar rumah, selama minimal satu jam. Karena kelembaban kulit akan lebih cepat hilang oleh udara dingin.